Berita

Begini Pengamanan Libur-Mudik Lebaran 2024 di Kabupaten Malang

Selasa, 02 April 2024 - 19:58
Begini Pengamanan Libur-Mudik Lebaran 2024 di Kabupaten Malang Kegiatan Latihan Pra Operasi Ketupat Semeru 2024 (Latpraops), yang dipimpin langsung Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana, untuk pengamanan mudik lebaran, di Mapolres Malang, Selasa (2/4/2024). (Foto Humas Polres)

TIMES JATIM, MALANG – Polres Malang menggelar Latihan Pra Operasi Ketupat Semeru 2024 (Latpraops), yang dilangsungkan di gedung Aula Mapolres Malang, Senin (2/4/2024). Kegiatan ini sebagai upaya memastikan kesiapan personel dalam menghadapi libur mudik lebaran tahun ini.

Kegiatan ini sejumlah 280 personel serta instruktur dari berbagai satuan tugas, termasuk Satlantas, Satreskrim, Satsamapta, dan Intelijen Keamanan.

"Latpraops merupakan bagian dari persiapan dalam menjalankan operasi kepolisian terpusat Ketupat Semeru 2024. Tujuan utamanya, untuk menyamakan pola pikir dan pola tindak personel Polri yang akan bertugas selama masa operasi tersebut," terang Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana, Selasa (2/4/2024). 

Dia mengatakan, operasi Ketupat ini dilaksanakan setiap tahun, dengan meningkatkan prediksi dan respons terhadap situasi arus mudik, arus balik, serta kepadatan lalu lintas, baik menjelang, saat, dan pasca hari raya Idul Fitri.

"Dalam menghadapi libur Lebaran, kita perlu memprediksi situasi arus mudik, lonjakan arus balik, dan kepadatan lalu lintas. Harapannya, setiap tahun semakin bisa terantisipasi, baik sebelum hingga pasca hari raya," tandas AKBP Putu Kholis. 

Menurutnya, tahun ini menjadi tantangan tersendiri karena merupakan lebaran pertama, tanpa pembatasan pandemi COVID-19. Tahun ini, diperkirakan masyarakat dapat menikmati masa liburan dengan lebih leluasa.

"Kami asumsikan kepadatan lalu lintas tahun ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya, mengingat masyarakat yang akan berlibur diperkirakan lebih banyak. Malang menjadi salah satu destinasi liburan yang diminati, baik oleh wisatawan maupun masyarakat lokal," tambahnya.

AKBP Putu Kholis juga menjelaskan, Polres Malang telah menyiapkan berbagai langkah antisipasi, seperti peningkatan jumlah pos pengamanan dan pelayanan, serta membuka layanan penitipan kendaraan bagi warga yang akan mudik.

"Kami telah menerapkan kebijakan yang sama dengan tahun lalu, dengan membuka penitipan kendaraan di 30 kantor Polsek, Polres, dan Kantor Satpas. Layanan ini akan tersedia hingga tanggal 30 April 2024 mendatang," imbuhnya.

Tidak hanya fokus pada aktivitas liburan, lanjut Kapolres Malang, pihaknya juga mengutamakan keamanan masyarakat, khususnya aktivitas di sektor perbankan. (*) 

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.