https://jatim.times.co.id/
Berita

Hasil Tes Kesehatan Dua Bapaslon Pilkada 2024 Ponorogo Memenuhi Syarat

Selasa, 03 September 2024 - 13:31
Hasil Tes Kesehatan Dua Bapaslon Pilkada 2024 Ponorogo Memenuhi Syarat KPU Ponorogo menerima dokumen hasil tes kesehatan dua Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada 2024. (FOTO: KPU Ponorogo)

TIMES JATIM, PONOROGO – Hasil pemeriksaan kesehatan kedua bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada 2024 di Kabupaten Ponorogo dinyatakan memenuhi syarat.

Hasil ini menyatakan bahwa Bapaslon Sugiri Sancoko-Lisdyarita dan Ipong Muchlissoni-Segoro Luhur Kusuma Ndaru dinyatakan sehat secara jasmani dan rohani, sehingga diinterpretasikan layak untuk menjalankan tugas sebagai Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo.

Hasil pemeriksaan kesehatan kedua bapaslon tersebut diserahkan langsung oleh Direktur RSPAL dr Ramelan Surabaya kepada pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ponorogo.

Arwah Hamidi, Komisioner KPU Ponorogo kepada media menjelaskan, pemeriksaan kesehatan dan psikologi kedua bapaslon dilakukan oleh tim medis dari RSPAL dr. Ramelan Surabaya.

Dan penyerahan hasil pemeriksaan tersebut dilakukan langsung oleh Kepala RSPAL dr. Ramelan pada Senin (2/9/2024) sore.

"Sudah kami terima hasil tes kesehatan, kedua bapaslon dinyatakan sehat jasmani dan rohani, dan kedua bapaslon semuanya memenuhi syarat serta dinyatakan bebas dari narkotika," kata Arwan.

Pemeriksaan kesehatan kedua bapaslon dilakukan berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) RI Nomor 10 Tahun 2024, yang mencakup 34 jenis pemeriksaan jasmani dan rohani.

Setelah menjalani tes kesehatan dan telah dinyatakan sehat jasmani maupun rohani serta memenuhi syarat, tahapan selanjutnya yang harus dilalui yakni pemeriksaan administrasi yang akan berlangsung pada 5-6 September 2024. 

Pada tahapan administrasi Pilkada 2024 ini jika terdapat kekurangan atau kesalahan administrasi, pasangan calon masih memiliki waktu untuk melakukan perbaikan selama dua hari yakni di tanggal 6-8 September 2024. (*)

Pewarta : M. Marhaban
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.