https://jatim.times.co.id/
Berita

Polbangtan Malang dan Komisi IV DPR RI Gelar Bimbingan Teknis Hadapi Cuaca Ekstrem

Senin, 01 Juli 2024 - 16:44
Polbangtan Malang dan Komisi IV DPR RI Gelar Bimbingan Teknis Hadapi Cuaca Ekstrem Polbangtan Malang dan Komisi IV DPR RI menggelar bimbingan teknis petani dan penyuluh di Mojokerto, Minggu (30/6/2024). (FOTO: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MOJOKERTO – Pertanian sebagai tulang punggung kehidupan bangsa, kini semakin mendesak untuk dikembangkan demi mencapai kemandirian pangan. Salah satu tantangan utama yang menghalangi hal ini adalah penurunan produktivitas akibat cuaca ekstrem seperti El Nino, yang dikenal dengan musim kering berkepanjangan. Dampak langsung dari El Nino terhadap produktivitas pertanian menekankan urgensi peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang fenomena ini, sebagai langkah krusial dalam mengurangi dampak negatif terhadap hasil panen. 

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengungkapkan prioritas pemerintah saat ini adalah menjaga kedaulatan pangan melalui meningkatkan produksi padi dan jagung untuk mencegah krisis pangan di Indonesia.

“Kami berkomitmen untuk menjaga keberlanjutan sektor pertanian serta kesejahteraan petani di Indonesia,” ujar Menteri Amran .

teknis-petani-dan-penyuluh-2.jpg

Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) terus berupaya memproduksi pangan melalui dua kegiatan utama, yaitu perluasan areal tanam dalam program pompanisasi dan peningkatan lahan rawa. Program ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dengan cara memperluas area tanam yang ada dan mengoptimalkan pemanfaatan lahan rawa yang potensial untuk pertanian.

Plt. Kepala Badan PPSDMP, Dedi Nursyamsi menyatakan bahwa program itu tidak luput dari peran generasi emas pertanian yaitu anak-anak muda. Sebab, mereka mempunyai tekat, kreativitias, dan inovasi yang kuat untuk mengembangkan pertanian. 

"Jika banyak generasi yang tergugah hatinya dalam pengembangan usaha pertanian, hal itu akan menimbulkan dampak yang positif karena itu akan menjadi bekal bagi mereka ke depannya dalam rangka menopang perekonomian Indonesia terutama dalam swasembada pangan," ujar Dedi.

Dalam upaya mengahadapi tantangan tersebut, Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) bersama dengan Komisi IV DPR RI, menggelar bimbingan teknis (Bimtek) untuk meningkatkan kapasitas petani dan penyuluh.

Bimtek yang digelar di Resto Jimbaran Mojokerto, pada Minggu (30/6/2024), dibuka oleh Anggota Komisi IV DPR RI, Guntur Sasono. Guntur menyampaikan bahwa pangan adalah hidup matinya bangsa, sehingga selayaknya negara mendukung penuh program pertanian yang mendukung ketahanan pangan secara mandiri.
Suhirmanto, yang hadir mewakili Direktur Polbangtan Malang mengatakan bahwa Petani harus bangga sebagai petani dalam menyediakan pangan suatu bangsa. Salah satu tema yaitu cuaca ekstrim seperti el nino yang menghambat produktifitas pangan. Pengetahuan dan pemahaman dampak el nino dan upaya menanggulangi dampak tersebut menjadi penting dalam meningkatkan produksi tanaman. 

“Peningkatan produksi tanaman diharapkan mampu mengurangi impor dan kemandirian pangan. Selain itu, secara tidak langsung jg mampu meningkatkan kesejahteraan petani”, kata Suhirmanto.

Menurut Siti Arofah Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Bimtek untuk menambah wawasan petani dan penyuluh yang akan berdampak pada peningkatan pendapatan.
“Pertanian saat ini mengalami cuaca ekstrim sehingga perlu upaya dari pemerintah yang tepat untuk mengatasi cuaca ektrim spt el nino yaitu bantuan pompa (pompanisasi). Bimtek ini diharapkan membawa barokah bagi petani dan penyuluh," ujar Siti.

Pertanian menjadi sektor strategis dalam menjaga ketahanan pangan nasional. Dengan dukungan berbagai pihak melalui upaya pemahaman, inovasi, dan teknologi, Indonesia dapat terus bergerak menuju swasembada pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani secara berkelanjutan. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.