https://jatim.times.co.id/
Berita

Longsor di Kesamben Blitar, BPBD Jatim Terjunkan Personel TRC dan Kirim Dukungan Logistik 

Senin, 01 Juli 2024 - 15:13
Longsor di Kesamben Blitar, BPBD Jatim Terjunkan Personel TRC dan Kirim Dukungan Logistik  BPBD Jatim gerak cepat menerjunkan tim di lokasi longsor Desa Bumirejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar, Minggu sore (30/6/2024). (Foto: Dok BPBD Jatim)

TIMES JATIM, SURABAYA – Bencana tanah longsor yang menimpa empat pekerja kandang ayam di Desa Bumirejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar, Minggu sore (30/6/2024), langsung direspon cepat BPBD Jatim

Pada hari itu juga, Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto langsung menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi kejadian. 

Selain personel, BPBD Jatim juga membawa sejumlah peralatan pencarian korban, seperti, sekop, chainsaw, masker, dan kantong jenazah, serta bantuan dukungan logistik untuk dapur umum, berupa; paket makanan siap saji, tambahan gizi, lauk pauk dan selimut.

Berdasar update penanganan di lokasi kejadian, dari 4 korban yang tertimpa tanah longsor, dua orang telah ditemukan Minggu malam (30/6), sekitar pukul 22.55 WIB, dalam kondisi meninggal dunia, atas nama, Jarianto (62) dan Mugiono (69).

Sedangkan satu orang, ditemukan dalam kondisi luka ringan atas nama Anto (23). Adapun seorang lagi masih dalam proses pencarian. Yakni, atas nama, Gunawan (45).

Bencana alam ini juga mengakibatkan tanah longsor dengan ketinggian 20 m, lebar 40 m dan kedalaman 5 m. Adapun luas areanya mencapai sekitar 250 m².

Selain itu, satu unit kandang ayam juga dilaporkan mengalami kerusakan. 

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto mengungkapkan, hingga saat ini, Senin (1/7/2024), Tim Gabungan yang terdiri dari Potensi SAR Blitar, BPBD Kab. Blitar, TRC BPBD Jatim, SAR Kanjuruan, Tagana, TNI, Polri, para relawan dan unsur perangkat desa dan kecamatan setempat, terus melakukan pencarian korban, dengan menggunakan dua alat berat. 

Ia berharap, ikhtiyar yang dilakukan Tim Gabungan bisa membuahkan hasil dengan ditemukannya satu korban tersisa. 

"Kami juga meminta segenap masyarakat untuk berhati-hati saat melakukan kegiatan di area yang memiliki potensi bencana alam, seperti, tanah longsor atau lainnya," harapnya, Senin (1/7/2024).

Sementara, saat ini juga telah didirikan dapur umum Tagana Dinsos Jatim untuk kebutuhan logistik operasional pencarian di sekitar lokasi kejadian. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.