https://jatim.times.co.id/
Pendidikan

80 Kampus Dari Dalam dan Luar Negeri Ramaikan Expo Perguruan Tinggi SMAK Kosayu

Sabtu, 07 September 2024 - 10:05
80 Kampus Dari Dalam dan Luar Negeri Ramaikan Expo Perguruan Tinggi SMAK Kosayu Para siswa SMAK Kosayu saat mengunjungi salah satu stand kampus asal Malaysia dalam Expo Perguruan Tinggi 2024. (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – SMA Kolese Santo Yusup (SMA Kosayu Malang) kembali menggelar Expo Perguruan Tinggi 2024 pada Jumat - Minggu (6-8/9/2024).

Pada tahun ini, expo diikuti oleh 80 perguruan tinggi dari dalam dan luar negeri. Ketua pelaksana expo, Margaretha Dea Innecensia, M.Pd, menjelaskan bahwa expo ini merupakan agenda tahunan yang telah memasuki tahun ke-26.

"Tahun ini, ada 80 perguruan tinggi yang berpartisipasi, dengan sekitar 70 persen berasal dari Indonesia dan 30 persen lainnya dari luar negeri, seperti Singapura, Taiwan, hingga Australia," jelasnya.

Jumlah perguruan tinggi yang membuka stand di expo tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, dan mereka siap memberikan informasi lengkap terkait keunggulan kampus serta prosedur pendaftaran bagi siswa yang tertarik melanjutkan studi.

Expo ini terbuka untuk siswa dari berbagai sekolah, bukan hanya untuk siswa SMAK Kosayu. "Setiap tahun, ratusan murid dari berbagai sekolah hadir untuk mencari informasi tentang perguruan tinggi terbaik yang mereka minati," tambah Dea

Selain stand expo, juga diadakan sesi presentasi dari setiap perguruan tinggi, yang khusus ditujukan untuk siswa SMAK Kosayu. Menurut Dea, mayoritas siswa SMAK Kosayu biasanya melanjutkan studi ke jurusan Kedokteran, IT, dan bisnis di perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri.

Wakil Kepala Humas SMAK Kosayu, Agustinus Yohan, menambahkan bahwa perbedaan utama expo tahun ini adalah jumlah perguruan tinggi yang berpartisipasi, mencapai 80 stand.

"Selama tiga hari pelaksanaan, kami berharap minimal 2.000 siswa akan mengunjungi expo ini," ungkap Agustinus. Beberapa kampus seperti STIE Malangkucecwara dan Universitas Ciputra telah rutin berpartisipasi sejak puluhan tahun lalu.

Salah satu siswa kelas 12, Sabrina Goshen, memberikan kesannya terhadap expo ini. "Saya jadi lebih tahu tentang perguruan tinggi di Indonesia dan luar negeri. Meskipun belum memutuskan akan kuliah di mana, saya sudah punya gambaran ingin mengambil jurusan di bidang kesehatan," kata Sabrina.

Menurutnya, expo ini sangat membantu karena informasi yang sebelumnya ia peroleh terbatas pada internet, dan kini bisa bertanya langsung kepada perwakilan kampus. Expo Perguruan Tinggi SMAK Kosayu 2024 diharapkan menjadi jembatan bagi para siswa dalam menentukan pilihan perguruan tinggi yang sesuai dengan minat dan cita-cita mereka. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.