https://jatim.times.co.id/
Berita

Pemkab Blitar Tingkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan, Sinergi dan Keamanan Jadi Kunci

Senin, 16 September 2024 - 16:01
Pemkab Blitar Tingkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan, Sinergi dan Keamanan Jadi Kunci Bupati Blitar Rini Syarifah menandatangani MoU dan PKS yang menandai langkah penting dalam memperbaiki pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Blitar.(Foto: Humas Pemkab Blitara)

TIMES JATIM, BLITARPemkab Blitar baru-baru ini menandatangani MoU dan PKS yang menandai langkah penting dalam memperbaiki pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Blitar. Namun, langkah ini lebih dari sekadar seremoni; ini adalah bagian dari strategi besar untuk menghadapi berbagai tantangan dalam administrasi kependudukan dan menyongsong masa depan yang lebih baik.

Bupati Blitar Rini Syarifah memaparkan bahwa meski angka pelayanan administrasi kependudukan di Blitar cukup tinggi, masih banyak masyarakat yang belum memperbarui data mereka. Tantangan ini bukan hanya masalah teknis, tetapi juga menyentuh aspek hak-hak dasar warga negara yang perlu dijaga dengan baik.

“Selama ini, proses administrasi seringkali menjadi birokrasi yang membingungkan dan memakan waktu. Melalui inovasi ini, kami berharap bisa mempercepat dan mempermudah prosesnya, serta memastikan data masyarakat tetap aman dan akurat,” ujar Rini Syarifah.

Salah satu aspek penting dari perjanjian ini adalah penguatan sinergi antara berbagai lembaga. Ini termasuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) serta lembaga-lembaga lain seperti Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Kementerian Agama, dan berbagai fasilitas kesehatan. Langkah ini bertujuan untuk mengatasi berbagai kendala yang telah menghambat proses administrasi selama ini.

“Dengan melibatkan berbagai pihak, kami dapat menciptakan sistem yang lebih terintegrasi dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” tambah Mak Rini. “Misalnya, kami akan mempermudah akses data bagi lembaga-lembaga terkait, yang pada gilirannya akan mempercepat proses administrasi dan mengurangi kesalahan data.”

Namun, inovasi ini juga dihadapkan pada tantangan besar keamanan data. Di era digital saat ini, melindungi data pribadi masyarakat dari potensi kebocoran dan peretasan adalah prioritas utama. Pemkab Blitar berkomitmen untuk memastikan bahwa sistem baru ini tidak hanya efisien tetapi juga aman.

“Kami tidak hanya berfokus pada efisiensi, tetapi juga pada keamanan. Kami akan melakukan segala upaya untuk melindungi data masyarakat dan memastikan sistem kami tidak rentan terhadap ancaman digital,” tegas Rini Syarifah.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Blitar untuk bertransformasi dan menghadapi tantangan modern dalam administrasi kependudukan. Dengan inovasi dan kerjasama yang kuat, Blitar bertekad untuk menciptakan layanan publik yang lebih baik dan lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat di masa depan. (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.