Gaya Hidup

Lamongan Gencarkan Germas Cegah Diabetes Melitus dan Promosi Sub Pin Polio

Minggu, 18 Februari 2024 - 13:25
Lamongan Gencarkan Germas Cegah Diabetes Melitus dan Promosi Sub Pin Polio Senam Mince yang diikuti ratusan masyarakat Lamongan di Alun-alun Lamongan sebagai upaya cegah diabetes melitus dan promosi Sub Pin Polio, Minggu (18/2/2024), Foto : Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, LAMONGAN – Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menyelenggarakan kegiatan implementasi Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dan Sub Pin Polio putaran ke-2 yang dibarengi Senam Mince (Minggu Ceria) di Alun-alun Lamongan, Minggu (18/2/2024). 

Digencarkannya Germas yang memiliki salam "Sehat Bugar Produktif Ceria Megilan, Lamongan Sehat Lamongan Megilan" ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat dan mencegah penyakit polio serta diabetes melitus.

Yuda Titi Lestiyorini, Sub Koordinator Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesmas Dinkes Lamongan, mengatakan kegiatan ini merupakan program dari Kementerian Kesehatan RI dan Pemkab Lamongan. 

Dikemukakan Yuda, pihaknya juga promosi kesehatan Sub Pin Polio putaran kedua yang akan berlangsung dari tanggal 19 sampai dengan 25 Februari 2024. Targetnya bisa mencapai 95 persen dari jumlah balita di Lamongan yang berusia 8 tahun kurang sehari

"Imunisasi Sub Pin Polio ini sangat penting untuk mencegah penyakit polio, yang mana penyakit ini belum bisa diobati dan hanya bisa dicegah dengan imunisasi," ujar Yuda. 

Diungkapkan Yuda, saat Kabupaten Lamongan masih nol kasus penyakit polio. Namun, upaya preventif tetap harus dilakukan dengan memasifkan imunisasi Sub Pin Polio.

"Untuk itu imunisasi Sub Pin Polio putaran ke-2 harus dilakukan masif agar bisa mencapai 95 persen bagi balita berusia 8 tahun kurang sehari," ucapnya. 

Selain Sub Pin Polio, Yuda menyampaikan, Dinkes Lamongan juga mempromosikan gaya hidup sehat untuk mencegah diabetes melitus. Hal ini penting karena penyakit diabetes melitus semakin banyak dijumpai, bahkan pada anak muda.

"Oleh karena itu, program olahraga bersama dengan senam Mince ini sangat bagus untuk mencegah diabetes melitus," kata Yuda seraya menuturkan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencegah penyakit diabetes melitus dan promosi Sub Pin Polio. (*)

Pewarta : Moch Nuril Huda
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.