https://jatim.times.co.id/
Ekonomi

76 Jalan-Jalan Heppiii 2024 Bantu Majukan UMKM Hingga Desa Wisata di Berbagai Daerah

Sabtu, 20 Juli 2024 - 19:11
76 Jalan-Jalan Heppiii 2024 Bantu Majukan UMKM Hingga Desa Wisata di Berbagai Daerah Kegiatan 76 Jalan-Jalan Heppiii 2024 yang dilakukan untuk mengunjungi sekaligus membantu perkembangan desa wisata dan UMKM di berbagai daerah. (FOTO: Istimewa)

TIMES JATIM, MALANG – Ada berbagai upaya yang dilakukan Karang Taruna yang tergabung dalam 76 Heppiii Community dalam membantu memajukan desa dan UMKM. Salah satunya diwujudkan dengan kegiatan 76 Jalan-Jalan Heppiii 2024, dengan mengunjungi 6 Desa di bernagai daerah, yang punya potensi besar dalam bidang UMKM dan wisata.

Kegiatan ini berkolaborasi dengan artis dan seniman Duta Heppiii seperti Onad, Erix Soekamti, Cella Kotak, Lala Widy, dan lainnya. Desa-desa yang dikunjungi Duta Heppiii ini berada di wilayah Banjarnegara, Kebumen, Kendal, kemudian di Lumajang, Pasuruan, serta Magetan.

Semua desa yang dikunjungi memiliki keunggulan di bidang wisata, sentra kerajinan UMKM, pertanian, serta kesenian khas budaya lokal yang perlu dipromosikan oleh para seniman dan artis tersebut.

Kegiatan 76 Jalan-Jalan Heppiii ini dimulai dari awal hingga pertengahan Juli 2024. Untuk di Jawa Timur desa yang dikunjungi yakni Desa Duren, Kecamatan Klakah, Lumajang, Desa Ranu Klindungan, Pasuruan, Desa Baleasri, Magetan. Untuk Jawa Tengah ada Desa Pandan Lor Kebumen, Desa Punggelan dan Petuguran Banjarnegara, dan Desa Gondang, Kendal. desa-desa ini memiliki beragam potensi yang layak untuk terus dikembangkan.

Koordinator 76 Heppiii Community di Magetan, Anggit Putranto MP memberikan contoh, Desa Baleasri Magetan memiliki banyak potensi, seperti sentra kerajinan bambu budidaya cacing yang sudah sampai dikirim ke berbagai daerah untuk bahan kosmetik dan pakan ikan dan burung.

"Kemudian ada juga sentra kerajinan kulit, ada juga obyek wisata Embung Baleasri, semua ini bisa dikembangkan menjadi tujuan wisata dan pengembangan UMKM," ucapnya Sabtu (20/7/2024).

Hal yang sama juga dikatakan oleh Koordinator 76 Heppiii Community di Pasuruan Wahyu Samudra, dan Koordinator 76 Heppiii Community di Lumajang Miftachul Arif yang juga menjadi lokasi kunjungan Duta Heppiii.

Di Lumajang ada sentra pembuatan keripik berbagai buah Pak Sodik, kemudian ada rumah produksi kerajinan bambu. Di Pasuruan juga sama, banyak objek wisata dan sentra UMKM seperti Lempuk Crispy Lina Jaya, kemudian pembuatan sentra Soleh Panci, lalu Ana-Ini Farm dan tempat lainnya.

Koordinator 76 Heppiii Community Tingkat Nasional, Ronald Theo Lesmana mengatakan, desa-desa yang tergabung dalam 76 Heppiii Community banyak memiliki potensi desa yang perlu dipromosikan dan diberikan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya dari para influencer yang datang ke sana.

"Banyak sektor yang dapat dikembangkan di desa-desa ini, seperti sektor wisata, pertanian, peternakan, kerajinan tangan, dan industri kecil menengah (UMKM) lainnya. Kearifan lokal seperti tradisi budaya juga ditampilkan di acara 76 Jalan-Jalan Heppiii, dengan memunculkan potensi desa, diharapkan dapat membantu melestarikan budaya dan tradisi tersebut," ungkapnya.

Erix Soekamti salah satu Duta Heppiii sangat kagum dengan segala potensi yang dimiliki desa-desa yang didatangi. Pihaknya berharap agar desa terus berinovasi dan bersinergi untuk angkat potensi desa yang ada. Hal yang sama juga dikatakan oleh Onad saat berada di Magetan, dia sangat menikmati kunjungannya kali ini.

"Saya sangat enjoy bisa di desa Baleasri ini, saya baru pertama kali ke sini dan langsung heppiii, dari eksplore daerah, kemudian dari penyambutan warga, dan sobat-sobat heppiii," ungkapnya.

Setelah pagi hingga siang mereka kunjungan ke desa, pada malam harinya mereka menggelar konser yang dihadiri oleh ribuan warga du lapangan desa masing-masing. Acara berjalan lancar dan sangat meriah, terlebih ada puluhan UMKM yang terlibat di setiap lokasi acara yang digelar 76 Heppiii Community tersebut. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.