https://jatim.times.co.id/
Berita

Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Targetkan Akreditasi Unggul Prodi HPI 

Senin, 23 September 2024 - 07:11
Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Targetkan Akreditasi Unggul Prodi HPI  Proses asesmen lapangan Program Studi Hukum Pidana Islam (HPI) Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BONDOWOSO – Program Studi Hukum Pidana Islam (HPI) Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember menjalani serangkaian asesmen lapangan dalam rangka akreditasi prodi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). 

Hadir sebagai asesor BAN-PT yaitu Dr. Siti Rochmiyatun, SH., M.Hum dari UIN Raden Fatah Palembang dan Prof. Dr. Ahmad Musyafiq, M.Ag, dari UIN Walisongo Semarang. 

Pembukaan Asesmen dihadiri Rektor UIN KHAS Jember Prof. Dr. Hepni Zain, Wakil Rektor I Prof Dr. M. Khusna Amal, M. Si, Wakil Rektor II Dr. Ainur Rofiq, M. Ag, Wakil Rektor III Dr. Khoirul Faizin, M.Ag, Ketua Senat UIN Khas Jember, Prof. Dr. Sofyan Tsauri, MM., Dekan Fakultas Syariah Dr. Wildani Hefni, MA, para Ketua Lembaga dan Unit di UIN KHAS Jember, dan seluruh jajaran pimpinan di lingkungan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. 

Rektor UIN KHAS Jember Prof Hepni Zain mengungkapkan bahwa asesmen lapangan sangat penting sebagai bagian dari verifikasi dan validasi dokumen yang telah disiapkan oleh tim Fakultas Syariah. 

Karena itu, Rektor UIN KHAS Jember berharap dari asesmen lapangan ini kemudian menjadi penguat komitmen untuk terus menjaga kualitas mutu pendidikan di lingkungan UIN KHAS Jember.

“Alhamdulillah, kami bersyukur, untuk Akreditasi Perguruan Tinggi UIN KHAS Jember telah meraih akreditasi unggul. Kami terus mendorong seluruh program studi di UIN KHAS Jember juga dapat meraih predikat unggul, termasuk prodi HPI di Fakultas Syariah untuk bisa menyusul tiga prodi lainnya yang telah meraih akreditasi unggul”, ungkap Prof. Dr. Hepni Zain saat membuka kegiatan Asesmen Lapangan, Sabtu (21/9/2024) di Lantai II Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Menurutnya, asesmen lapangan ini merupakan satu upaya dan komitmen untuk terus melakukan perbaikan dalam keberlangsungan pendidikan pada program studi, dalam konteks ini adalah prodi Hukum Pidana Islam di Fakultas Syariah. 

“Selamat datang kami sampaikan para dua asesor. Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan banyak manfaat untuk pengembangan mutu di lingkungan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.”, tambah Rektor UIN KHAS Jember.

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Dr. Wildani Hefni menuturkan bahwa akreditasi unggul pada seluruh program studi di Fakultas Syariah merupakan target yang harus diwujudkan pada tahun 2024. Menurut Wildan, target ini merupakan salah satu dari panca ekosistem pengembangan Fakultas Syariah. 

“Tiga program studi antara lain prodi Hukum Keluarga (Ahwal al-Syakhsiyah), Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah), dan Hukum Tata Negara (Siyasah) telah berhasil meraih akreditasi unggul. Hari ini kami menjalani proses asesmen lapangan untuk program studi Hukum Pidana Islam, dengan harapan juga dapat meraih hasil maksimal yaitu predikat unggul,” harap Dekan Fakultas Syariah Dr. Wildani Hefni.

Kegiatan ini melibatkan banyak pihak seperti mahasiswa, alumni, stakeholder, dosen serta tenaga kependidikan. Hadir juga seluruh pimpinan di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Wakil Dekan I Dr. Busriyanti, Wakil Dekan II Dr. Martoyo, Wakil Dekan III Dr. Ahmadiono, Kabag TU Hesti Widyo Palupi, Sekjur Hukum Islam Hasan Basri, MH, Koorprodi Hukum Pidana Islam Yudha Bagus Tunggal Putra, M.H, Kooprodi Hukum Tata Negara Sholikhul Hadi, MH., Koorprodi Hukum Keluarga Inayatul Anisah, M. Hum, Kooprodi Hukum Ekonomi Syariah Freddy Hidayat, MH., Ketua Gugus Mutu Ach. Syifaul Hisan, M.Si, para dosen Fakultas Syariah, Ketua Keluarga Alumni Fakultas Syariah (Kafsya), seluruh Direktur Pusat dan Kajian, serta seluruh pengelola di lingkungan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. (*)

Pewarta : Moh Bahri
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.