https://jatim.times.co.id/
Berita

Latihan Bersama di Agro Blimbing, BPBD Kota Blitar Tingkatkan Kapasitas Penanggulangan Bencana

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 17:20
Latihan Bersama di Agro Blimbing, BPBD Kota Blitar Tingkatkan Kapasitas Penanggulangan Bencana Latber capacity building yang berlangsung di Agro Blimbing, Kota Blitar. (Foto: Zaenal Arifin/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BLITAR – Kegiatan Latihan Bersama (Latber) capacity building yang berlangsung di Agro Blimbing, Karangsari, Kota Blitar, sukses dilaksanakan dan mendapat apresiasi dari Sekretaris BPBD Kota Blitar, Gatot Widodo.

Acara ini melibatkan berbagai pihak, seperti Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kota Blitar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Blitar, Resob, Kelompok Tangguh Bencana (Keltana), Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kota Blitar, dan Bappena Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Blitar.

Meningkatkan Keterampilan Penanggulangan Bencana

Dalam kegiatan ini, para peserta mendapatkan pelatihan intensif yang mencakup beberapa materi penting untuk penanggulangan bencana. Materi-materi tersebut meliputi Search and Rescue (SAR), Komunikasi Dasar, High Vertical Rescue, dan Medical First Responder.

Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam menghadapi situasi darurat, mulai dari pencarian dan penyelamatan, komunikasi efektif, teknik penyelamatan di medan vertikal, hingga penanganan medis pertama.

Gatot Widodo memberikan apresiasi atas kerja sama antara pemerintah dan berbagai unsur relawan dalam latihan ini.

“Latihan bersama seperti ini mampu meningkatkan koordinasi dan kesiapan berbagai elemen relawan yang ada di Kota Blitar,” kata Gatot.

Ia berharap, kolaborasi yang terjalin antara RAPI, BPBD, dan organisasi lainnya dapat memberikan dampak positif bagi kesiapsiagaan bencana di masa mendatang.

Latihan capacity building ini tidak hanya berfokus pada pelatihan teknis, tetapi juga mempererat hubungan dan kerja sama antarorganisasi relawan di Blitar. Hubungan yang semakin solid antar elemen diharapkan dapat meningkatkan kesiapan dan koordinasi dalam menghadapi potensi bencana di wilayah Kota Blitar. (*)

Pewarta : Zaenal Arifin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.