https://jatim.times.co.id/
Berita

Bantu Pembangunan PTNU, Pemkab Probolinggo Siapkan Dana Hibah

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 17:25
Bantu Pembangunan PTNU, Pemkab Probolinggo Siapkan Dana Hibah Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto (tengah) di acara Upgrading dan Temu Kader Nahdlatul Ulama di Masjid Athiyatul Karim, Kecamatan Tongas, Desember 2023 (Foto: Dokumen/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PROBOLINGGOPemkab Probolinggo, Jatim, akan menyiapkan hibah untuk mendukung pembangunan gedung Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama atau PTNU oleh PCNU Kabupaten Probolinggo

Hal itu disampaikan Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto dalam sambutannya di acara peletakan batu pertama pembangunan gedung PTNU di Desa Muneng, Kecamatan Sumberasih, kabupaten setempat, Sabtu (26/10/2024). 

Sambutan itu dibacakan oleh Plt Asisten I Pemkab Probolinggo, Hari Cahyono. Ugas berhalangan hadir karena sedang ada tugas di luar kota. 

Ugas mengatakan, Pemkab Probolinggo akan membantu pembangunan kampus tersebut melalui skema hibah. 

"Besarannya akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah," katanya dalam naskah sambutan.

Dalam sebuah wawancara dengan TIMES Indonesia pada Jumat (25/10/2024) malam, Ugas mengapresiasi langkah PCNU Kabupaten Probolinggo untuk mendirikan PTNU. 

Apresiasi diberikan karena ormas keagamaan itu telah berkontribusi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia atau SDM Kabupaten Probolinggo, dengan menyediakan layanan pendidikan tinggi. 

Sebagai kepala daerah, Ugas juga berterima kasih kepada PCNU Kabupaten Probolinggo atas kontribusinya tersebut. Sebab dengan adanya kampus NU, Indeks Pembangunan Manusia atau IPM diyakini bakal terkerek. 

"Apalagi ini dibangun di wilayah barat Kabupaten Probolinggo. Saya mengucapkan terimakasih kepada PCNU Kabupaten Probolinggo," kata Ugas. 

Karena itu, Ugas mendukung upaya tersebut. Ia pun juga mengajak semua elemen masyarakat Kabupaten Probolinggo bahu membahu mendukung langkah tersebut. 

"Karena ini urusan sosial, semua harus terlibat," kata Ugas. 

Diketahui, IPM merupakan indikator untuk mengukur capaian pembangunan kualitas hidup manusia. IPM terdiri dari tiga dimensi. Yaitu dimensi umur panjang dan hidup sehat, dimensi pengetahuan, dan dimensi standar hidup layak. 

Dimensi umur panjang dan hidup sehat diukur dengan umur harapan hidup saat lahir. 

Dimensi pengetahuan diukur dengan rata-rata lama sekolah penduduk berusia 25 tahun ke atas, dan harapan lama sekolah penduduk yang berumur 7 tahun. Sedangkan dimensi standar hidup layak diukur dengan pengeluaran riil per kapita. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik atau BPS, IPM Kabupaten Probolinggo berada di angka 69,56 pada 2022. Kemudian naik menjadi 70,36 pada tahun 2023.

Di antara 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur, IPM Kabupaten Probolinggo menempati rangking nomor 6 dari bawah. Baik pada tahun 2022 maupun 2022.

Upaya PCNU Kabupaten Probolinggo membanhun PTNU di wilayah barat Kabupaten Probolinggo, diyakini dapat mendongkrak IPM. Apalagi sejauh ini, perguruan tinggi masih terkonsentrasi di wilayah timur Probolinggo. (*) 

Pewarta : Muhammad Iqbal
Editor : Muhammad Iqbal
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.