https://jatim.times.co.id/
Berita

Banyuwangi Jadi Tuan Rumah Jambore Sastra Asia Tenggara

Jumat, 25 Oktober 2024 - 13:41
Banyuwangi Jadi Tuan Rumah Jambore Sastra Asia Tenggara Jambore Sastra Asia Tenggara, yang resmi dibuka Kamis malam (24/10/2024) di Pendopo Sabha Swagata (Foto: Humas Pemkab for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Ratusan penyair dan penulis dari seluruh Indonesia dan sejumlah negara Asia Tenggara berkumpul di Banyuwangi untuk merayakan Jambore Sastra Asia Tenggara, yang resmi dibuka Kamis malam (24/10/2024) di Pendopo Sabha Swagata.

Salah satu agendanya adalah meluncurkan antologi puisi berisi karya 200 penyair yang hadir di Jambore Sastra tersebut, juga dihadiri sejumlah tokoh penyair tanah air seperti Zawawi Imron yang dikenal juga sebagai “Si Celurit Emas”,  Wayan Jengki Sunarta yang dikenal dengan sejumlah karyanya yang dihormati. Salah satunya berjudul “Jumantara” yang meraih Anugerah Buku Puisi Terbaik pada 2021.

Sedangkan dari Malaysia salah satunya hadir Sastrawan Mohamad Saleeh Rahamad yang juga seorang profesor di Universiti Malaya. Ia juga merupakan Presiden Persatuan Penulis Nasional Malaysia (PENA) sejak 2010. Dari Singapura hadir Rohani Din, seorang penulis produktif yang telah menghasilkan banyak karya prosa dan puisi. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah Novel “Diari Bonda” yang hadir dalam empat sekuel.

Beragam kegiatan kesastraan mewarnai Jambore Sastra yang berlangsung mulai 24-26 Oktober tersebut. Di antaranya adalah Penyair Goes to School untuk mengenalkan berbagai aktivitas dan karya sastra kepada pelajar yang berlangsung pada Jumat (25/10/2024) dan Seminar Sastra pada Sabtu (26/10/2024).

“Kami berterima kasih atas kehadiran para sastrawan dari seluruh Indonesia dan Asia Tenggara yang telah hadir di kegiatan Jambore Sastra Asia Tenggara di Banyuwangi. Kehadiran semua sastrawan di Banyuwangi sangat berarti bagi pengembangan  sastra lokal juga pengenalan budaya daerah ke kancah yang lebih luas,” kata Plt. Bupati Banyuwangi Sugirah, Jumat (25/10/2024).

Sementara itu, kegiatan Jambore sastra diawali dengan pembukaan dan gala dinner yang dihadiri 200 penyair dan penulis di Pendopo Sabha Swagata, Kamis Malam (24/10/2024). Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan sejumlah negara Asia Tenggara seperti Malaysia dan Singapura.

“Jambore Sastra ini bukan hanya sekedar pertemuan pecinta sastra, tapi wadah untuk merayakan keragaman budaya dan kekayaan bahasa di Asia Tenggara. Juga untuk berbagi rasa, pengalaman dan kebijaksanaan,”  kata Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Banyuwangi Guntur Priambodo saat membuka acara.

Guntur menjelaskan bahwa Pemkab Banyuwangi rutin menggelar festival sastra sebagai upaya untuk menghidupkan kecintaan pada sastra di kalangan pelajar dan warga. Seperti  festival sastra tahun 2024 yang menampilkan dan mengompetisikan sastra tidak hanya berbahasa Indonesia, namun juga sastra berbahasa Using, Jawa, dan Bahasa Inggris.

"Festival sastra kita gelar bukan hanya perayaan karya sastra, tapi juga momen penting merenungkan kembali bagaimana sastra berperan dalam merevitalisasi bahasa daerah," kata Guntur. 

Salah sastrawan asal Malaysia, dari Malaysia salah satunya hadir Sastrawan Mohamad Saleeh Rahamad menjelaskan jika hadir di Banyuwangi menjadi salah satu kebanggan dan momen yang dinantikan. 

“Bertemu dengan para penyair antar negara untuk berbagi pengalaman yang berharga,” kata Mohamad Saleh Rahamaad. Ia juga berkesempatan membacakan puisinya dalam buku antologi Puisi “Ijen Purba” dengan judul “Lelaki-Lelaki Perkasa Banyuwangi”.

Acara pembukaan tersebut juga sekaligus dirangkai dengan peluncuran buku Antologi Puisi Jambore Sastra Asia Tenggara “Ijen Purba: Tanah, Air dan Batu”. 

“Buku antologi puisi tersebut tersebut sendiri berisi karya 200 penyair yang hadir di Banyuwangi pada Jambore ini,” Ketua Dewan Kesenian Blambangan Hasan Basri.

Sementara itu, tema “Ijen Purba: Tanah, Air dan Batu” dipilih karena Gunung Ijen sudah ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark pada tahun lalu. Ini adalah salah satu cara Banyuwangi untuk mengenalkan Geopark Ijen lebih luas ke mancanegara lewat jalur sastra. (*)

Pewarta : Ninda Tamara (MG-257)
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.