https://jatim.times.co.id/
Berita

Paus Fransiskus Pilih Menginap di Kedubes Vatikan Selama Kunjungan Jakarta

Selasa, 03 September 2024 - 13:19
Paus Fransiskus Pilih Menginap di Kedubes Vatikan Selama Kunjungan Jakarta Paus Fransiskus tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Bante, sekitar pukul 11.25 WIB, Selasa (3/9/2024). (FOTO: tangkap layar Kompas. Tv).

TIMES JATIM – Ignasius Jonan, yang menjabat sebagai Ketua Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, mengungkapkan bahwa Paus tidak akan menginap di hotel, melainkan akan tinggal di Kedutaan Besar Vatikan yang terletak di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat.

Paus Fransiskus, sebagai pemimpin Gereja Katolik dan kepala negara Vatikan, akan melakukan kunjungan ke Jakarta, Indonesia dari 3 hingga 6 September 2024. Ia tiba di Jakarta hari ini sekitar pukul 11.25 WIB menggunakan pesawat komersial, bukan jet pribadi.

Selama kunjungannya di Jakarta, Paus Fransiskus dijadwalkan untuk menghadiri berbagai acara, termasuk pertemuan dengan Presiden Jokowi, kunjungan ke Masjid Istiqlal, aktivitas di Katedral Jakarta, dan misa besar di Stadion GBK.

Paus Fransiskus akan menginap di mana selama berada di Jakarta?

Jonan mengatakan jika Paus Fransiskus memilih untuk menginap di Kedutaan Besar Vatikan selama kunjungannya di Indonesia untuk beberapa hari kedepan.

"Intinya Bapak Paus akan menginap di Kedutaan Besar Vatikan, jadi tidak menginap di hotel," katanya saat ditemui di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2024) lalu.

Sebagai informasi, Kedutaan Besar Vatikan dikenal secara resmi sebagai Nunsiatura Indonesia. Bangunan ini telah ada sejak Juni 1966 dan dirancang oleh arsitek Jerman, Hermann Bohnekamp, yang pada waktu bersamaan juga merancang Kedutaan Besar Jerman di Indonesia.

Selain itu, Jonan juga mengungkapkan bahwa selama kunjungannya di Jakarta, Paus akan menggunakan kendaraan i sipil. Menurut Jonan, mobil sipil yang akan digunakan adalah Toyota Kijang Innova Zenix.

"Civil car yang digunakan oleh Sri Paus itu adalah Toyota Kijang Zenix ya," ujarnya.

Ia pun memastikan bahwa keamanan Paus tetap menjadi prioritas utama, meskipun ia enggan memberikan rincian mengenai aspek keamanan tersebut karena merupakan tanggung jawab Paspampres.

"Kalau itu kami tidak bisa cerita ya, jadi mungkin bisa ditanyakan nanti ke Paspampres saja, nggak rahasia, itu porsinya Paspampres bukan saya, gitu," jelasnya.

Selain itu, Paus Fransiskus akan menggunakan mobil Maung buatan Pindad untuk menyapa jemaat Katolik selama misa di Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

"Kalau yang diproduksi di Pindad itu kendaraan yang disebut Maung itu adalah kendaraan untuk inspeksi menyapa umat waktu mau misa di GBK gitu," pungkasnya. (*)

Pewarta : Farid Abdullah Lubis
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.