https://jatim.times.co.id/
Berita

Prabowo-Gibran Dilantik, Ketua DPRD Pacitan Berharap Dorongan untuk Kemajuan Daerah

Minggu, 20 Oktober 2024 - 16:15
Prabowo-Gibran Dilantik, Ketua DPRD Pacitan Berharap Dorongan untuk Kemajuan Daerah Ketua DPRD Pacitan, Arif Setia Budi mengapresiasi pelantikan Prabowo-Gibran sebagai Presiden ke-8 RI. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PACITAN – Ketua DPRD Pacitan, Arif Setia Budi, turut menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI.

Pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden ke-8 RI sendiri berlangsung pada Minggu, 20 Oktober 2024, di Kompleks Parlemen, Jakarta. Prabowo dilantik bersama Gibran Rakabuming Raka yang mendampinginya sebagai Wakil Presiden RI.

Momen bersejarah ini menjadi awal baru bagi pemerintahan Indonesia selama lima tahun ke depan.

"Saya mengucapkan selamat kepada Bapak Prabowo Subianto dan Bapak Gibran Rakabuming Raka yang telah dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia," ungkap Arif pada Minggu (20/10/2024).

Pria yang akrab disapa ASB ini berharap, pemerintahan Prabowo-Gibran dapat membawa perubahan positif, terutama dalam upaya mendorong kemajuan pembangunan di Kabupaten Pacitan. 

"Semoga dengan terjalinnya sinergi antara pemerintah pusat dan daerah, Pacitan bumi kelahiran Bapak SBY dapat meraih kemajuan lebih pesat," katanya. 

Hasil Pilpres 2024

Sebelumnya, pada 24 April 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon presiden dan wakil presiden terpilih. 

Penetapan ini didasarkan pada hasil Pilpres 2024 yang menempatkan Prabowo-Gibran sebagai pemenang dengan meraih 96.214.691 suara atau sekitar 58,59 persen dari total suara sah nasional.

Keberhasilan Prabowo-Gibran tidak hanya terlihat dari jumlah suara yang mereka peroleh secara nasional, tetapi juga dari kemampuan mereka memenuhi syarat minimal 20 persen suara di setiap provinsi di Indonesia. 

Dengan demikian, pasangan ini mengamankan kemenangan di 38 provinsi.

Prosesi Pelantikan

Dalam prosesi pelantikan, Prabowo Subianto mengucapkan sumpah sebagai Presiden Republik Indonesia dengan penuh khidmat sesuai ketentuan Pasal 9 Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. 

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa," ucap Prabowo, mengutip siaran pers YouTube sekretariat Negara. 

Gibran Rakabuming Raka, sebagai Wakil Presiden, juga mengucapkan sumpah serupa, berjanji akan menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya dan berbakti kepada bangsa dan negara.

Setelah pelantikan, Prabowo dan Gibran menandatangani berita acara pelantikan, diikuti dengan prosesi simbolis di mana mereka bertukar tempat dengan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Pidato Perdana Prabowo

Seusai prosesi pelantikan, Prabowo Subianto menyampaikan pidato perdananya sebagai Presiden ke-8 Republik Indonesia. 

Pidato tersebut disaksikan tidak hanya oleh anggota DPR RI, DPD RI, dan para pejabat dalam negeri, tetapi juga oleh tamu kenegaraan dari berbagai negara sahabat yang turut hadir dalam momen penting ini.

Rangkaian acara pelantikan Prabowo-Gibran ditutup dengan pesta rakyat yang digelar di berbagai titik di Jakarta, mulai dari kawasan Senayan, FX Sudirman, hingga Monumen Nasional (Monas). 

Masyarakat dapat menikmati berbagai pertunjukan seni dan budaya sambil merayakan pemimpin baru mereka.

Sebanyak 13 panggung pesta rakyat telah disiapkan untuk menyambut antusiasme warga Jakarta dan sekitarnya dalam menyambut presiden dan wakil presiden yang baru.

Dengan sinergi yang semakin kuat antara pemerintah pusat dan daerah, Ketua DPRD Pacitan, Arif Setia Budi, berharap pemerintahan Prabowo-Gibran dapat membawa perubahan positif, terutama dalam upaya mendorong kemajuan pembangunan di Kabupaten Pacitan. (*)

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.