https://jatim.times.co.id/
Berita

Respons Pidato Prabowo Soal Energi, Pimpinan MPR RI: Bentuk Dukungan untuk Pengembangan Energi Terbarukan

Minggu, 20 Oktober 2024 - 22:52
Respons Pidato Prabowo Soal Energi, Pimpinan MPR RI: Bentuk Dukungan untuk Pengembangan Energi Terbarukan Pimpinan MPR RI dari Fraksi PAN Eddy Soeparno menandatangangi berita acara pelantikan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden, Minggu (20/10/2024). (Foto: MPR RI)

TIMES JATIM, JAKARTA – Presiden RI Prabowo Subianto dalam pidato perdananya di MPR RI menyebut Indonesia mendapatkan karunia Tuhan dengan keberlimpahan Sumber Daya Alam. Presiden Prabowo mengatakan tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia bisa dimanfaatkan untuk sumber energi dan bahan bakar alternatif. 

Pimpinan MPR RI dari Fraksi PAN Eddy Soeparno menyebut pidato Presiden Prabowo merupakan bentuk dukungan sekaligus arah kebijakan pemerintah untuk pengembangan energi terbarukan.  

“Pesan Pak Prabowo jelas dan tegas bahwa harus ada upaya memanfaatkan keberlimpahan sumber daya alam di Indonesia untuk pengembangan sumber energi terbarukan dan bahan bakar alternatif. Pesan di pidato perdana ini menegaskan keseriusan Indonesia untuk melakukan transisi energi menuju energi terbarukan,” jelas Eddy. 

Menurut Wakil Ketua Umum PAN ini, pesan Presiden Prabowo selaras dengan tren global tentang keberlanjutan (_sustainability_) dengan memanfaatkan energi terbarukan sehingga diharapkan bisa mendapat respons positif dari dunia internasional. 

“Akselerasi menuju energi terbarukan menjadi tren global karena masing-masing negara termasuk Indonesia terus berupaya mencapai target _Net Zero Emissions_ (NZE). Pidato Presiden Prabowo ini merupakan pesan penting bahwa Indonesia terus berupaya mencapai target NZE pada 2060 mendatang,”  lanjutnya. 

Eddy menyampaikan, Pimpinan MPR RI akan terus mendorong percepatan transisi energi sebagai target _Sustainable Development Goals_ (SDG’s) antara lain kebijakan energi bersih, aksi iklim dan  mewujudkan Kota dan Komunitas berkelanjutan 

“Isu lingkungan, energi bersih dan hak warga negara yang dijamin konstitusi untuk mendapatkan udara bersih akan terus kami dorong selaku Pimpinan MPR RI sebagai bagian dari upaya Indonesia mencapai target-target SDG’s,” kata Anggota DPR RI Dapil Jawa Barat III Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur ini. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.