https://jatim.times.co.id/
Berita

Majapahit Coffee Festival, Ajang Potensi Kopi Lokal

Kamis, 23 Mei 2024 - 17:14
Majapahit Coffee Festival, Ajang Potensi Kopi Lokal Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati pada saat memberikan penghargaan kepada pemenang lomba. (FOTO: Dok. Kominfo Kabupaten Mojokerto)

TIMES JATIM, MOJOKERTO – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menilai Majapahit Coffee Festival dapat menjadi ajang bagi para penggiat kopi untuk mengeksplor biji kopi dan produk kopi khas dari Bumi Majapahit.

Hal tersebut disampaikan Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati saat menghadiri acara Majapahit Coffee Festival yang bertempatkan di Kopi Pendopo, Desa Sendi, Pacet.

"Saya ingin acara ini (Majapahit Coffee Festival) menjadi acara rutin tahunan di Kabupaten Mojokerto, karena melalui acara ini saya kira kemudian bisa memunculkan kopi khas dari Kabupaten Mojokerto yang kemudian bisa menjadi primadona di kalangan pecinta kopi," katanya Kamis (23/5/2024).

Kabupaten Mojokerto juga dikenal sebagai salah satu penghasil kopi unggulan di Indonesia, bahkan menurut para pecinta kopi yang juga turut meramaikan Majapahit Coffee Festival ini beranggapan bahwa kopi asli Kabupaten Mojokerto yang berasal dari Trawas bisa menduduki peringkat atas pada lelang biji kopi di kancah internasional.

Klaim tersebut mendorong Bupati perempuan pertama di Kabupaten Mojokerto itu untuk berkomitmen agar kedepannya Majapahit Coffee Festival ini juga bisa dijadikan acara untuk lelang kopi dengan varian-varian kopi yang menjadi khas Kabupaten Mojokerto.

"Bayangan saya kedepannya, Majapahit Coffee Festival ini juga bisa dijadikan sebagai event untuk lelang kopi, tentunya dengan produk-produk kopi unggulan yang hanya bisa ditemukan di event lelang nanti," ungkapnya.

Bupati Mojokerto bahkan juga memproyeksikan jika nantinya produk kopi khas Kabupaten Mojokerto ini bisa dikolaborasikan dengan produk-produk lain dari Bumi Majapahit ini, contohnya tembakau.

"Nanti kopi khas yang menjadi primadona dari Kabupaten Mojokerto ini juga bisa dikolaborasikan dengan produk asli lain, misalnya tembakau, petani tembakau di Kabupaten Mojokerto ini sudah bisa berbagai macam cara dan teknik untuk fermentasi tembakau," katanya.

Majapahit Coffee festival merupakan giat yang diselenggarakan oleh komunitas Lingkar Kopi yang didukung oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mojokerto, juga dengan menggandeng Sumber Kopi Prima dan Bank Jatim sebagai sponsor kegiatan ini. (*)

Pewarta : Thaoqid Nur Hidayat
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.