Berita

BHS Berharap Pemerintah Dorong Kalangan Pengusaha Lakukan Aksi Donor Darah Rutin 

Sabtu, 24 Februari 2024 - 14:29
BHS Berharap Pemerintah Dorong Kalangan Pengusaha Lakukan Aksi Donor Darah Rutin  Penasehat Utama PT DLU Bambang Haryo Soekartono bersama jajaran direksi saat melakukan donor darah dalam rangka HUT ke-48 perusahaan, Sabtu (24/2/2024).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SURABAYAPT Dharma Lautan Utama (DLU) bekerjasama dengan PMI Kota Surabaya menggelar aksi donor darah dalam rangka memperingati HUT ke-48 perusahaan yang bergerak di sektor pelayaran tersebut.

Acara donor darah berlangsung di Kantor DLU, Jalan Kanginan, Surabaya, Sabtu (24/2/2024).

Penasehat Utama sekaligus CEO PT DLU Bambang Haryo Soekartono (BHS) dan Direktur Utama Erwin H Peodjono bersama jajaran direksi juga turut menyumbangkan darahnya.

BHS menilai aksi donor darah sangat penting demi menjaga keselamatan nyawa publik. Terutama bagi masyarakat yang membutuhkan transfusi darah.

PT-DLU-b.jpg BHS menjalani cek kesehatan sebelum mendonorkan darah, Sabtu (24/2/2024).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

Aksi sosial ini rutin dilakukan DLU setiap tiga bulan sekali dan kali ini ada 100 orang yang mendonorkan darahnya. Mereka adalah karyawan area holding perusahaan.

"Jadi ini yang kita harapkan terus secara rutin kita melakukan kegiatan ini," ujarnya.

BHS sebagai tokoh publik di Surabaya dan Sidoarjo juga berharap kepada Pemkab Sidoarjo dan Pemkot Surabaya agar mendorong pengusaha maupun melakukan hal yang sama di wilayah kerja mereka. Ia menyebut bahwa di Sidoarjo ada 15 ribu industri menengah dan besar. 

"Kalau ini bisa dilakukan berapa maraknya dan PMI tidak kesulitan lagi mengumpulkan stok darah. Apalagi dengan donor darah, badan kita menjadi lebih sehat," ucap Caleg DPR RI yang lolos ke Senayan ini.

Sementara itu, Direktur Utama PT DLU, Erwin H Peodjono merasa bersyukur karena perusahaan yang ia pimpin kembali menggelar aksi donor darah. 

DLU tak henti menggelorakan semangat kemanusiaan dengan melakukan aksi donor darah rutin para karyawan maupun jajaran pimpinan perusahaan.

DLU menggandeng PMI Kota Surabaya dalam momen tersebut untuk memenuhi kebutuhan transfusi darah bagi para pasien yang membutuhkan. Selain itu, DLU juga melakukan aksi sosial lainnya. Seperti kunjungan ke panti asuhan di bulan Ramadan, khitan massal serta lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Keuangan PT DLU sekaligus Ketua Umum Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Khoiri Soetomo, menuturkan jika Gapasdap sangat mendukung setiap aksi sosial kemanusiaan seperti donor darah ini.

Dokter pemeriksa di PMI Surabaya, dr Citra mengatakan bahwa ketersediaan kantong darah rata-rata per hari 200 unit jika bulan puasa. 

PT-DLU-c.jpgDirektur Utama PT DLU Erwin H Peodjono (kiri) bersama Penasehat Utama PT DLU Bambang Haryo Soekartono (BHS) usai aksi donor darah, Sabtu (24/2/2024).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

"Biasanya bulan puasa stok darah di tempat kami sehari terkumpul 200 kantong darah. Namun saya berharap per hari ada 400-500 kantong darah diterima PMI," ungkapnya.

Maka, ia juga mengapresiasi aksi PT DLU karena telah menjadi bagian pemasok kantong darah yang sangat dibutuhkan pasien di rumah sakit.

"Kami terima kasih kepada PT DLU karena menggelar donor darah untuk memenuhi kebutuhan kantong darah," sambungnya.

Dokter Citra tak lupa mengimbau perusahaan yang ada di Kota Pahlawan turut menggelar donor darah seperti yang dilakukan DLU.

"Kita tetap berusaha untuk mengajak teman-teman instansi terutama mengadakan donor darah seperti DLU ini, jadi perusahaan yang masih aktif kita ajak untuk berpartisipasi untuk memenuhi stok darah di PMI Surabaya," ujarnya saat acara donor darah HUT ke-48 PT DLU yang juga dihadiri langsung Penasehat Utama Bambang Haryo Soekartono (BHS).(*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.