https://jatim.times.co.id/
Berita

Pasca Kebakaran Smelter Gresik, Bos Freeport Indonesia Lakukan Evaluasi Menyeluruh

Minggu, 20 Oktober 2024 - 16:57
Pasca Kebakaran Smelter Gresik, Bos Freeport Indonesia Lakukan Evaluasi Menyeluruh Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Tony Wenas saat meninjau Smelter Gresik (Foto: PTFI for TIMES Indonesia).

TIMES JATIM, GRESIK – Pasca kebakaran yang terjadi di fasilitas produksi Smelter Gresik, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas melakukan inspeksi ke lokasi.

Menurut Tony, mebakaran yang melanda Common Gas Cleaning Plant, Smelter PTFI, di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik akan dilakukan evaluasi menyeluruh.

“Fokus kami saat ini adalah proses asesmen berjalan lancar dan melakukan evaluasi secara menyeluruh untuk memastikan kejadian serupa tidak terulang kembali,” kata Tony melalui keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia pada Minggu (20/10/2024).

Tony mengatakan ada beberapa catatan penting dalam peristiwa ini. Pertama, dari sisi Safety yang mana wajib dijunjung tinggi seluruh karyawan dan kontraktor PTFI yaitu Safety, Integrity, Commitment, Respect, Excellence (SINCERE). 

Dia pun bersyukur seluruh karyawan dan kontraktor menjalankan dan menjadikan Safetysebagai pedoman, sehingga ketika terjadi insiden di tempat kerja, tidak ada korban jiwa. 

“Dalam peristiwa ini tidak ada satu pun karyawan yang dilaporkan mengalami cedera. Ini yang betul-betul kami jaga, bahwa dari sisi safety atau keamanan berhasil diterapkan dengan baik sehingga tidak menimbulkan korban jiwa," katanya 

Kedua, pada awal 2024 PTFI telah melakukan semua tahapan commissioning, menjalankan beberapa kali tahapan pengujian dan sudah melewati tahapan trial and error selama beberapa bulan dari mulai bulan Juni.

“Artinya setiap tahapan kami lakukan dengan sangat hati-hati dan penuh perhitungan. Dari kejadian ini Freeport Indonesia akan melakukan evaluasi menyeluruh agar kejadian serupa tidak terulang kembali,” katanya. 

Ketiga, Tony juga mengapresiasi keberhasilan dalam upaya penanggulangan kebakaran tak lepas dari kerja keras Tim Tanggap Darurat PTFI yang bergerak cepat dan tepat. 

“Seluruh tim terkoordinasi dengan baik sebagai satu kesatuan One Freeport, melibatkan tim dari Gresik, Papua, dan Jakarta untuk mengatasi sehingga api berhasil dikendalikan dalam waktu cepat,” katanya. 

Dia juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas dukungan dan gotong royong semua pihak sehingga proses penanggulangan kebakaran Smelter Gresik bisa dilakukan tepat dan terpadu.  "Total sebanyak 45 orang terjun dalam upaya pemadaman api, terdiri dari Tim Tanggap Darurat," ujarnya. (*)

Pewarta : Akmalul Azmi
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.