https://jatim.times.co.id/
Berita

Hargai Jasa Tokoh Perintis, Civitas Akademika UNIROW Tuban Ziarah ke TMP Madiun

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 16:28
Hargai Jasa Tokoh Perintis, Civitas Akademika UNIROW Tuban Ziarah ke TMP Madiun Rektor Unirow dan Ketua PPLPPT PGRI Tuban mengawali tabur bunga di makam mantan Bupati Tuban. (Foto: Yupi Apridayani/TIMESIndonesia)

TIMES JATIM, MADIUN – Peringatan HUT ke-79 TNI menjadi momen bersejarah bagi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban (UNIROW). Untuk kali pertama, civitas akademika UNIROW melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Madiun. Salah seorang tokoh yang berperan penting atas berdirinya perguruan tinggi tersebut yakni Kolonel (Purn) Soerati Moersam dimakamkan di sana. 

"Almarhum pernah menjabat sebagai Bupati Tuban periode 1980-1985. Pada saat itu beliau menyumbangkan tanah seluas 5 hektare untuk pengembangan UNIROW yang waktu itu masih IKIP," ungkap H. Totok Supijanto, Ketua Perkumpulan Penyelenggara Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi Persatuan Guru Republik Indonesia (PPLPPT PGRI) Tuban, saat sambutan mengawali ziarah, Sabtu (5/10/2024).

UNIROW-Tuban-2.jpgKetua PPLPPT PGRI Tuban Totok Supijanto memimpin doa di pusara Kolonel (Purn) Soerati Marsoem. (Foto: Yupi Apridayani/TIMESIndonesia)

Ziarah ke TMP, ungkap Totok, merupakan bentuk penghargaan atas jasa Kolonel (Pur) Soerati Moersam. Dia juga berharap civitas akademika UNIROW lebih mengenal sosok dan kontribusi mantan Bupati Tuban itu. "Dosen-dosen muda yang ikut ziarah ini biar mengenal beliau," tegasnya. 

Kegiatan ziarah ke TMP diawali dengan upacara penghormatan dan mengheningkan cipta yang dipimpin Rektor UNIROW Dr. Warli, MPd. Dilanjutkan dengan doa bersama dan tabur bunga di makam Kolonel (Purn) Soerati Moersam yang wafat pada 26 Mei 1997. 

UNIROW-Tuban-3.jpgRombongan civitas akademika UNIROW saat ziarah makam ke TMP Madiun. (Foto: Yupi Apridayani/TIMESIndonesia)

"Setiap dies natalis pada bulan Januari kami agendakan kegiatan ziarah ke makam perintis UNIROW," kata Warli. 

Warli mengakui, ziarah ke makam Kolonel (Pur) Soerati baru diagendakan  tahun ini. Sebab pihak perguruan tinggi juga baru saja mendapatkan informasi keberadaan dan makam tokoh perintis tersebut.

"Bukan kami melupakan. Selama ini sudah berusaha mencari informasi keberadaan beliau. Terima kasih sekali kepada Korem Madiun karena memberikan informasi makam beliau di TMP termasuk memfasilitasi kegiatan ziarah ini," kata Warli. 

Untuk selanjutnya, ziarah ke TMP Madiun tempat Kolonel (Purn) Soerati Marsoem disemayamkan akan diagendakan setiap tahun dan menjadi rangkaian kegiatan dies natalis UNIROW. Ziarah makam tersebut menjadi pengingat jasa-jasa tokoh perintis yang memberikan perhatian terhadap dunia pendidikan di Tuban itu. (*).

Pewarta : Yupi Apridayani
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.