https://jatim.times.co.id/
Berita

Hamid Nabhan Luncurkan Buku Terbaru ke-51, Quotes Tentang Seni, Cinta, dan Kehidupan

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 17:01
Hamid Nabhan Luncurkan Buku Terbaru ke-51, Quotes Tentang Seni, Cinta, dan Kehidupan Hamid Nabhan bersama buku terbarunya, My Quotes on Art, Love, and Life. (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SURABAYA – Buku bersampul hitam dengan gambar cover lukisan dua anak manusia, karya Hamid Nabhan begitu menggoda untuk dibaca. Judulnya "My Quotes on Art, Love, and Life". Jika diterjemahkan memiliki arti: petuah tentang seni, cinta, dan kehidupan. 

Hamid Nabhan merupakan seorang seniman sekaligus penulis kelahiran Surabaya yang telah menerbitkan banyak 'karya pena' hingga lukisan.

Menjelajahi buku setebal 155 halaman, pembaca diajak menyelami samudera kehidupan melalui perenungan, kalimat sederhana yang kadang tak terpikirkan. Setidaknya, Hamid Nabhan mencoba memberikan pilihan motivasi hidup, sindiran sekaligus inspirasi. 

"Hanya kematian yang sanggup menghentikan tarian waktu, kekerasan bisa muncul dari lembutnya lidah, seni dan persahabatan tak dapat dinilai dengan uang."

Tiga petuah bijak di atas, menggambarkan beberapa lembar isi buku tersebut. Hamid mengatakan, bahwa buku ini sebenarnya merupakan kumpulan dari dua buku yang pernah terbit sebelumnya.

"Karena banyak peminat yang ingin baca, maka saya cetak dalam satu buku yang lebih tebal," kata Hamid Nabhan, Sabtu (19/10/2024).

Buku-2.jpg

Hebatnya, ini merupakan buku ke-51 yang ia tulis. Buku ini lebih tebal dan tampak lebih menarik dengan pilihan dua bahasa. Yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

"Agar masyarakat yang lebih luas bisa menikmati buku ini," ujar cucu Syekh Salim Bin Nabhan, sang pejuang literasi pada era kemerdekaan. 

My Quotes on Art, Love, and Life berisi cuplikan dari kata-kata yang ia buat dan ia kumpulkan dalam waktu lama. Kemudian menjahitnya menjadi satu buku.

"Banyak sekali quote yang berkesan bagi saya seperti misalnya saya banyak membuat quote tentang alam yang saya katakan, jadikan pohon layaknya teman, dia akan memberimu kehidupan dan kehidupan akan mengantarkan kita ke masa depan. Di sini, saya mengungkapkan betapa pentingnya pohon bagi kehidupan kita, udara yang kita hirup pun juga berasal dari pohon dan banyak orang pun tidak menyadari akan hal ini," jelasnya.

Di samping tentang alam, Hamid juga banyak membuat quote tentang kehidupan yang pernah ia alami sendiri, Seperti dalam persahabatan, tentang musik maupun cinta. 

Ia berharap penulisan quote dapat menjadi alat komunikasi untuk menyampaikan pikiran kepada yang lain. 

"Quote adalah sebuah cuplikan kata-kata yang penuh makna. Saya memandang kata-kata sebagai alat komunikasi yang penting dalam kehidupan kita, karena kata-kata bisa digunakan sebagai alat untuk menyampaikan ide atau gagasan maupun perasaan kita dan juga perintah kepada yang lain," ujarnya. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.