https://jatim.times.co.id/
Berita

Relawan Gresik Titip Lima Masalah ke Cabup Syahrul Munir

Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:41
Relawan Gresik Titip Lima Masalah ke Cabup Syahrul Munir Relawan Gresik Mentas Menganti usai deklarasi dukungan ke Cabup Gresik Syahrul Munir (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMES JATIM, GRESIK – Masyarakat yang mengatasnamakan sebagai Relawan Gresik Mentas Kecamatan Menganti menitipkan masalah ke Cabup M Syahrul Munir.

Hal itu terungkap usai deklarasi dukungan kepada M. Syahrul Munir untuk maju sebagai calon Bupati Gresik dalam Pilkada (Pilbup).

Relawan Gresik Mentas Menganti tersebut menyusul relawan dari Kecamatan - Kecamatan lain yang lebih dulu melakukan deklarasi.

Mereka menitipkan lima (5) masalah untuk diselesaikan, yakni pengangguran di Menganti, infrastruktur yang belum mapan, pendidikan yang belum terjangkau dan kesejahteraan guru, persoalan banjir dan semerawutnya tata ruang, serta menyempitnya lahan pertanian.

Azizah, relawan Gresik Mentas perempuan asal Menganti menyampaikan jika angka pengangguran di wilayahnya cukup tinggi, meski di Menganti sangat banyak pabrik besar, menengah hingga kecil.

"Namun belum menyerap tenaga kerja yang maksimal, khususnya SDM asal Kecamatan Menganti. Dan banyak pekerja dari luar Menganti bahkan luar Gresik," kata Azizah.

Kemudian persoalan infrastruktur, sambung Azizah, juga belum mapan, khususnya jalan, saluran air, sanitasi dan instalasi pengolahan air limbah.

"Menganti itu pemukiman padat penduduk, infrastruktur masih banyak yang kurang. Persoalan selanjutnya yaitu banjir, di Menganti banjir masih ada, padahal mobilitas masyarakat tinggi, karena mayoritas pekerja," kata dia.

Sementara itu, Muntholib, seorang guru swasta menyampaikan, problem pendidikan di Menganti cukup kompleks. Mulai dari angka putus sekolah, kesejahteraan guru dan mahalnya biaya pendidikan.

"Guru swasta di Menganti kesejahteraannya kurang. Kami berharap mas Syahrul bisa mengupayakan peningkatan kesejahteraan guru," kata Muntholib.

Tak hanya itu, Muntholib juga meminta, jika nanti Syahrul diamanahi oleh masyarakat menjadi Bupati Gresik, harus bisa melaksanakan kebijakan dengan tegas, terutama soal tata ruang.

"Karena banyak lahan pertanian berubah jadi kavlingan atau permukiman, tentu bisa mengancam kedaulatan pangan Kabupaten Gresik," imbuhnya.

Syahrul Munir mengapresiasi lima masukan dari relawan tersebut. Dia menyebut, lima problem tersebut merupakan hak dasar dan pelayanan dasar yang wajib diutamakan.

"Itu semua berhubungan dengan indeks pembangunan manusia (IPM), sehingga kunci mewujudkan kesejahteraan masyarakat ya mengurai lima masalah tadi dengan solusi konkret," tutur Syahrul. (*)

Pewarta : Akmalul Azmi
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.