https://jatim.times.co.id/
Berita

Momen Hari Santri Nasional 2024, Santri Ponpes Ihyaul Ulum Gresik Tanam Pohon

Selasa, 22 Oktober 2024 - 19:03
Momen Hari Santri Nasional 2024, Santri Ponpes Ihyaul Ulum Gresik Tanam Pohon Penanaman pohon di Ponpes Ihyaul Ulum Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik Jawa Timur. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMES JATIM, GRESIK – Momen Hari Santri Nasional 2024 (HSN 2024) santri dan pengurus pondok pesantren Ihyaul Ulum Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik Jawa Timur mengisi dengan upacara dan menanam pohon.

Sejak pagi seluruh santri Ihyaul Ulum mulai tingkat RA sampai perguruan tinggi sudah memadati lapangan upacara di Halaman Ponpes.

Mengenakan busana muslim khas pesantren seperti sarung, songkok, sandal serta kebaya mereka sangat antusias mengikuti rangkaian upacara. 

Nampak dalam barisan utama adalah para Masyayikh, anggota perkumpulan, kepala lembaga dan Alumni yang tergabung dalam Ikatan keluarga alumni pondok pesantren Ihyaul Ulum (IKAPPI). 

Petugas upacara hari santri berasal dari gabungan siswa -siswi terbaik Lembaga dalam naungan pondok pesantren mulai dari tingkat MI sampai Madrasah Aliyah. 

Bertindak sebagai pembina upacara adalah KH Afif Ma’shum Pemangku Ponpes Ihyaul ulum. 

Dalam amanatnya, kiai kharismatik itu menceritakan tentang perjuangan para ulama dalam mempertahankan NKRI dan makna kata santri. 

Menurutnya dalam serapan Bahasa Inggris Santri berasal dari dua kata yaitu SUN artinya matahari dan Three bermakna tiga atau kalau disatukan menjadi tiga matahari. 

"Matahari adalah simbol energi tanpa batas yang memberikan kehidupan bagi alam. Setiap santri harus memilki tiga matahari dalam kehidupanya. Tiga matahari itu adalah Iman, Islam dan Ihsan," katanya saat mengawali sambutan, Selasa (22/10/2024).

Setelah amanat disampaikan Yai Afif, para peserta lalu menyanyikan mars Subbanul Wathon, hari santri dan Mars Pondok Pesantren Ihyaul Ulum.

Terlihat semua peserta upacara berdiri sambil menganyunkan tangan mengikuti irama group paduan suara. 

"Cuaca cukup mendukung sehingga semua kegiatan upacara berjalan sesuai rencana," kata Hilyatul Millah satu wali murid RA yang antusias mendampingi anaknya. 

Sementara itu, Ketua panitia Muhammad Syifa’ul Fu’ad mengatakan jika kegiatan hari santri tahun ini berbeda dengan tahun lalu karena ada penanaman pohon serentak.

Hal ini, kata Gus Syifa' sebagai bentuk kepedulian santri terhadap kelestarian lingkungan. Kegiatan ini mucul karena melihat fenomena kerusakan lingkungan terutama yang berasal dari polusi udara semakin meningkat. 

“Hari ini kita menanam pohon ketapang kencana dilokasi Gedung baru Madrasah Aliyah Ihyaul Ulum, ini adalah simbolisme yang harus diikuti oleh para santri dirumah,” katanya.

Tampak ikut dalam kegiatan penanaman pohon KH Afif Ma’shum, Nyai Hj Sakinah, perwakilan alumni dan anggota perkumpulan. 

Harapan besar tentunya santri Ponpes Ihyaul Ulum tidak hanya memiliki kemampuan dibidang agama tetapi punya kepedulian besar terhadap lingkungan alam. (*)

Pewarta : Akmalul Azmi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.