https://jatim.times.co.id/
Berita

Hari Santri Nasional 2024, Pjs Bupati Mojokerto: Santri Harus Bisa Hadapi Tantangan Masa Depan

Selasa, 22 Oktober 2024 - 19:17
Hari Santri Nasional 2024, Pjs Bupati Mojokerto: Santri Harus Bisa Hadapi Tantangan Masa Depan Apel peringatan HSN 2024 di Graha Maja Tama Pemkab Mojokerto, Selasa (22/10/2024). (Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MOJOKERTO – Penjebat Sementara (PJs) Bupati Mojokerto, Akhmad Jazuli menggelar apel Peringatan Hari Santri Nasional 2024. Apel Hari Santri tersebut digelar di Pendopo Graha Maja Tama (GMT) Kabupaten Mojokerto, Selasa (22/10/2024). Peringatan Hari Santri Nasional kali ini mengusung tema 'Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan'. 

Hal ini ditegaskan oleh Pjs. Bupati Akhmad Jazuli dalam sambutannya, dengan artian bahwa santri masa kini memiliki tugas untuk meneruskan perjuangan para pendahulu yang telah berjuang tanpa kenal lelah demi kemerdekaan dan keutuhan bangsa.

"Pada peringatan Hari Santri Tahun 2024 ini Kementerian Agama mengusung tema 'Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan'," tegasnya dalam keterangannya, Selasa (22/10/2024).

Pjs. Bupati menyampaikan pesan penting dari Menteri Agama Nasarudin Umar, tentang mengingat kembali perlawanan para santri dalam peristiwa 'Resolusi Jihad' pada 22 Oktober 1945. Resolusi Jihad sendiri adalah hasil dari buah pikir KH. Hasyim Asy'ari saat Indonesia yang baru saja merdeka kembali dihadapkan pada ancaman pasukan Sekutu, yang membawa serta tentara Belanda (NICA) untuk merebut kembali kendali atas wilayah Indonesia.

Resolusi ini secara langsung membangkitkan semangat perlawanan masyarakat, terutama di Jawa Timur, yang kemudian menjadi tonggak atas pertempuran di Surabaya pada 10 November 1945.

“Sejak Resolusi Jihad dimaklumatkan, para santri dan masyarakat umum terbakar semangatnya untuk terus berjuang dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Hingga akhirnya, pecah puncak perlawanan masyarakat Indonesia pada tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan,” ujar Akhmad Jazuli.

Melalui tema 'Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan' ini juga, PJs. Bupati Akhmad Jazuli mengajak para santri masa kini untuk tidak hanya mengenang perjuangan masa lalu. Tetapi juga menghadapi tantangan modern dengan penguasaan teknologi dan ilmu pengetahuan.

“Rengkuhlah masa depan dengan semangat dan ketekunan. Teruslah berinovasi dan berkontribusi demi kegemilangan Indonesia,” ujarnya. (*)

Pewarta : Thaoqid Nur Hidayat
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.