https://jatim.times.co.id/
Berita

Sepekan Operasi Zebra Lodaya 2024, Polres Majalengka Tindak 383 Pelanggaran

Selasa, 22 Oktober 2024 - 18:09
Sepekan Operasi Zebra Lodaya 2024, Polres Majalengka Tindak 383 Pelanggaran Satlantas Polres Majalengka melakukan operasi kendaraan. (FOTO: dok TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MAJALENGKAPolres Majalengka, Polda Jawa Barat, mencatat angka pelanggaran lalu lintas selama sepekan pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya 2024. Tercatat ada sebanyak 383 pelanggaran lalu lintas yang terjadi di kota berjuluk Angin ini.

"Sepekan pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya 2024, Polres Majalengka melalui Satuan Lalu Lintas telah melakukan tindakan terhadap kurang lebih 383 pelanggar lalulintas," kata Kapolres Majalengka, AKBP Indra Novianto melalui Kasat Lantas AKP Mochammad Ali, Selasa (22/10/2024).

Dari jumlah tersebut, menurut Kasat Lantas yang juga diamini KBO Satlantas Polres Majalengka, Iptu Toni Margianto, bahwa polisi telah memberikan penindakan berupa tilang terhadap pengendara yang melanggar aturan lalu lintas.

Selain melakukan sanksi tilang, Satlantas Polres Majalengka juga melakukan lebih dari 3000 teguran selama tujuh hari Operasi Zebra Lodaya 2024 dilakukan. Ia pun menegaskan, bahwa pelanggaran lalu lintas di Bumi Sindangkasih ini didominasi pengendara roda dua.

"Operasi ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas serta menekan angka kecelakaan di jalan raya. Oleh karenanya, mari kita ciptakan lingkungan berkendara yang aman untuk semua," ujarnya.

Selain penegakan hukum, lanjut dia, kegiatan sosialisasi penyuluhan di berbagai titik strategis juga dilakukan untuk mendidik masyarakat tentang pentingnya keselamatan berkendara. 

Ia menambahkan, bahwa Satlantas Polres Majalengka, berkomitmen untuk terus melaksanakan program-program edukasi dan peningkatan kesadaran masyarakat.

"Kami akan terus berkolaborasi dengan instansi terkait untuk mengoptimalkan keselamatan lalu lintas dan meminimalisasi kecelakaan di jalan raya melalui langkah-langkah tersebut, diharapkan dapat tercipta budaya berkendara yang lebih aman di Majalengka," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, dalam rangka mengawal pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Polres Majalengka, akan menggelar Operasi Zebra Lodaya 2024. Operasi akan dilakukan pada 14 - 27 Oktober 2024. 

Diketahui, Operasi Zebra Lodaya 2024, akan mencakup 7 target operasi yang akan disasar, yaitu: 
1. Menggunakan handphone saat mengemudi
2. Pengendara masih dibawah umur 
3. Pengendara sepeda motor berboncengan melebihi satu orang
4. Pengendara dan pengemudi tidak menggunakan helm dan safety belt 
5. Berkendara melebihi batas kecepatan 
6. Berkendara dibawah pengaruh alkohol 
7. Pengguna sepeda motor yang menggunakan knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis

"Operasi Zebra Lodaya 2024 ini kami harapkan dapat meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih di wilayah hukum Polres Majalengka," jelasnya. (*)

Pewarta : Jaja Sumarja
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.