https://jatim.times.co.id/
Berita

Delegasi MPR Bertemu dengan Parlemen Spanyol untuk Bahas Isu Kemerdekaan Palestina

Kamis, 23 Mei 2024 - 20:09
Delegasi MPR Bertemu dengan Parlemen Spanyol untuk Bahas Isu Kemerdekaan Palestina Delegasi MPR RI yang dipimpin oleh Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid melakukan Kunjungan ke Parlemen Spanyol pada Rabu, (22/5/2024). (FOTO: Dok MPR RI for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JAKARTA – Delegasi Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI pada Rabu (22/5/2024) kemarin, melakukan kunjungan ke Parlemen Spanyol dengan tujuan memperkuat kerja sama antara Indonesia dan Spanyol serta membahas isu kemerdekaan Palestina.

Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua MPR RI yang memimpin delegasi tersebut, menyatakan bahwa kedua belah pihak telah setuju untuk terus memajukan perdamaian dan keamanan global berdasarkan prinsip-prinsip kemerdekaan, keadilan, dan hak asasi manusia.

"Secara khusus kedua parlemen membicarakan upaya mewujudkan kedamaian bagi rakyat Palestina melalui gencatan senjata segara dan dukungan kolektif negara-negara di dunia dalam mewujudkan kemerdekaan rakyat Palestina," katanya dalam keterangan resmi yang diterima TIMES Indonesia di Jakarta, Kamis (23/5/2024). 

Disamping itu, Anggota MPR RI Jazuli Juwaini menyatakan bahwa kedua lembaga legislatif memiliki perspektif serupa, yaitu bahwa kemerdekaan Palestina dan penghentian penjajahan Israel atas Palestina adalah langkah terbaik untuk mengatasi konflik di Timur Tengah dan mencapai perdamaian global.

"Kedua parlemen juga sepakat agar gencatan senjata segera dilakukan untuk menyelamatkan warga sipil," ujarnya.

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Banten II tersebut memberikan penghargaan terhadap dukungan yang tegas dari Pemerintah dan Parlemen Spanyol terhadap kemerdekaan Palestina. Bahkan, pengakuan tersebut secara resmi diumumkan oleh Perdana Menteri Spanyol di Gedung Parlemen saat kunjungan delegasi Indonesia.

"Alhamdulillah delegasi MPR RI turut menjadi saksi pengakuan resmi Pemerintah Spanyol atas kemerdekaan Palestina. Kami sampaikan secara langsung apresiasi melalui Parlemen Spanyol dan kita berkomitmen untuk saling menguatkan dan menggalang diplomasi global untuk pengakuan kemerdekaan tersebut," ucapnya.

Ia yakin bahwa, dukungan untuk kemerdekaan Palestina semakin bertambah dari berbagai negara, didasarkan pada prinsip kemanusiaan, keadilan, dan hak asasi manusia.

Menurutnya, tindakan Israel di luar batas kemanusiaan yang wajar.

"Kedua parlemen sepakat mendukung kemerdekaan Palestina dan mengecam penjajahan Israel atas Palestina. Kedua parlemen juga sepakat agar gencatan senjata segera dilakukan untuk menyelamatkan warga sipil," jelasnya.

Ia juga menyatakan bahwa saat ini Israel sedang menghadapi kekurangan dukungan dari komunitas internasional. Dirinya menyoroti fakta bahwa 143 negara secara terbuka mendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB, meninggalkan hanya sedikit negara yang diduga menjadi pendukung rezim zionis.

"Maka, diplomasi global akan terus kita lakukan sampai Israel hengkang dari Palestina dan Palestina meraih kemerdekaannya," pungkas Wakil Ketua MPR RI ini. (*)

Pewarta : Farid Abdullah Lubis
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.