https://jatim.times.co.id/
Berita

Amartha dan GEU Target 1 Juta Liter Minyak Jelantah untuk Bioavtur 

Jumat, 26 Juli 2024 - 21:05
Amartha dan GEU Target 1 Juta Liter Minyak Jelantah untuk Bioavtur  Peresmian kolaborasi Amartha, GEU dan mitra majelis dalam gerakan Konversi Minyak Jelantah menjadi Bioavtur di Kota Batu, Jawa Timur. (Foto: Valentina Kusmila Putri/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BATU – Green Energi Utama (GEU) bersama Amartha mengorganisir jejaring Ibu Mitra Amartha untuk mengumpulkan minyak jelantah limbah rumah tangga, guna ditukarkan dengan uang.

Limbah minyak jelantah yang terkumpul, akan didaur ulang menjadi bioavtur (bahan bakar pesawat), dengan target 1 juta liter minyak jelantah terkonversi di 2025 meliputi area Jawa Timur dan Bali.

Head of Impact and Sustainability Amartha, Katrina Inandia menyampaikan, peluncuran Gerakan Konversi Minyak Jelantah untuk Bioavtur tidak hanya fokus pada pelestarian lingkungan, tetapi juga memberikan manfaat ekonomi langsung bagi Ibu Mitra Amartha dan keluarga.

"Melalui kolaborasi inklusif ini, Amartha dan GEU berusaha menciptakan kesetimbangan antara peningkatan kesejahteraan masyarakat akar rumput dengan semangat pelestarian lingkungan,” ucap Katrina Inandia Head of Impact and Sustainability Amartha, Jumat (26/7/2024) saat acara peluncuran program Gerakan Konversi Minyak Jelantah untuk Bioavtur di Kota Batu, Jawa Timur.

Minyak jelantah merupakan limbah dengan dampak pencemaran lingkungan yang perlu menjadi perhatian khusus. Selain dari konsumsi rumah tangga, dengan tingkat konsumsi minyak goreng rata-rata 11,34 liter per minggu, unit usaha ultra mikro turut menyumbang secara signifikan potensi minyak jelantah yang mencapai hingga 1.509,64 kiloliter/bulan.

Kondisi ini turut dipengaruhi perilaku masyarakat dalam pengolahan minyak jelantah. Mayoritas masyarakat (64,3%) tidak mengolah minyak jelantah karena tidak tahu cara memanfaatkannya dan tidak ada yang mau membeli ataupun tidak tahu dijual kemana.

Menanggapi hal tersebut, melalui Gerakan Konversi Minyak Jelantah untuk Bioavtur, Amartha mengorganisir Ibu Mitra Amartha yang tersebar di Jawa Timur dan Bali untuk mengumpulkan minyak jelantah guna diproses menjadi produk akhir bioavtur. 

“Melalui program ini, kami menargetkan keuntungan ekonomi bagi Ibu Mitra dan keluarga dengan total insentif kurang lebih mencapai 5 miliar rupiah yang dihasilkan dari konversi minyak jelantah secara nasional," ucap Katrina.

Katrina menambahkan, pengolahan limbah secara ramah lingkungan menjadi langkah penting dalam menekan angka tingkat pencemaran lingkungan. Hal ini dikarenakan dengan produksi minyak jelantah tahunan di Indonesia yang mencapai 6,46 hingga 9,72 juta kiloliter, hanya terdapat 3 juta kiloliter yang dikelola efektif, sisanya terbuang ke lingkungan.

Sementara itu, Amrullah Tahad, CEO Green TechSolusi Utama menyampaikan apresiasi terhadap dukungan Amartha. Selain meningkatkan kesejahteraan masyarakat akar rumput dan upaya pelestarian lingkungan, gerakan ini diharapkan berkontribusi terhadap industri penerbangan Indonesia yang berkelanjutan, dimana diproyeksikan menjadi salah satu industri aviasi terbesar di dunia.

“Dengan menargetkan 1 juta liter pengumpulan minyak jelantah dan tingkat konversi mencapai 85 persen maka dari 1 liter minyak jelantah dapat menghasilkan 0,85 liter bioavtur. Program ini akan menghasilkan dampak yang signifikan dalam menekan jejak emisi karbon industri aviasi karena dapat menghemat 1 kg emisi karbon dari setiap uraian 1 liter minyak jelantah," ucap Amrullah Tahad.

Amrullah menambahkan, saat ini, jumlah total Ibu Mitra Amartha di Jawa Timur telah mencapai lebih dari 230 ribu mitra dengan total pembiayaan mencapai Rp 1,6 Triliun.

Khusus di wilayah Kabupaten Malang, terdapat 25 ribu Mitra Amartha dengan jumlah total pembiayaan mencapai Rp 191 Miliar.

Dengan jumlah Ibu Mitra yang besar, Amrullah berharap gerakan ini dapat menjadi pendorong signifikan dalam penguatan kolaborasi antara swasta dengan berbagai pihak menjadi lebih efektif. (*)

Pewarta : Valentina Kusmila Putri (MG)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.