https://jatim.times.co.id/
Berita

Makin Dekat, dari Banyuwangi Bisa Bablas Jakarta dengan KA Blambangan Ekspres

Jumat, 26 Juli 2024 - 20:29
Makin Dekat, dari Banyuwangi Bisa Bablas Jakarta dengan KA Blambangan Ekspres Simbolis pemecahan kendi oleh Direktur Niaga PT KAI Hadis Surya Palapa bersama Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat peluncuran KA Blambangan Ekspres perpanjangan relasi Ketapang - Pasar Senen. (Foto: Anggara Cahya/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Sekarang dari Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, hingga Jakarta makin dekat dengan diperpanjangnya relasi Kereta Api (KA) Blambangan Ekspres.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero resmi memperpanjang rute perjalanan KA Blambangan Ekspres dari sebelumnya relasi Ketapang – Semarang Tawang Bank Jateng menjadi relasi Ketapang, Banyuwangi – Pasar Senen, Jakarta PP.

Secara simbolis peluncuran perdana KA Blambangan Ekspres langsung diberangkatkan oleh Direktur Niaga PT KAI Hadis Surya Palapa bersama Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Stasiun Ketapang pada, Jumat, 26 Juli 2024. Sedangkan untuk tanggal 27 Juli 2024 keberangkatan perdana relasi Pasar Senen - Ketapang.

KA Blambangan Ekspres diberangkatkan dari Stasiun Ketapang pukul 14.50 WIB dan tiba di tujuan Stasiun Pasar Senen Jakarta pukul 07.15 WIB. Sedangkan arah sebaliknya, berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 12.15 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang 04.55 WIB.

KA-Blambangan-Ekspres-2.jpg

"Hal ini juga sebagai bentuk dukungan KAI kepada Banyuwangi, yang sekarang sudah menjadi salah satu destinasi pariwisata favorit,” kata Direktur Niaga PT KAI, Hadis Surya Palapa, Jumat (26/7/2024).

Hadis menjelaskan, KA Blambangan Ekspres menjadi kereta api dengan jarak tempuh terjauh yang dioperasikan oleh KAI, yaitu sepanjang 1.031 kilometer dengan waktu tempuh 16 jam 25 menit. 

Dengan total kapasitas sebanyak 416 kursi, Hadis menambahkan, dibagi dalam dua layanan yaitu kelas eksekutif dan ekonomi new generation terdiri dari, 4 kereta Eksekutif dan 3 kereta Ekonomi. Hal tersebut menjadikan perjalanan dengan KA Blambangan Ekspres semakin nyaman dan menyenangkan.

“Harga tiket KA Blambangan Ekspres dari Banyuwangi tujuan Jakarta untuk kelas ekonomi sebesar Rp. 505.000, sedangkan untuk kelas eksekutif dengan harga Rp. 775.000,” jelasnya.

Pada keberangkatan perdana KA Blambangan Ekspres menuju Jakarta, Jumat (26/7), sebanyak 72 penumpang naik dari Stasiun Ketapang. Sedangkan tiket yang terjual untuk keberangkatan dari Daop 9 Jember total sebanyak 278 tiket, atau 68 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.

“Kami berharap perpanjangan rute KA Blambangan Ekspres ini dapat meningkatkan kunjungan wisata di wilayah Banyuwangi dan sekitarnya dengan kemudahan transportasi yang dihadirkan oleh KAI,” tutur Hadis.

Diketahui sebelumnya, kereta api yang namanya diambil dari nama salah satu kerajaan yang pernah ada di Indonesia dan berpusat di wilayah Banyuwangi ini, pertama kali diresmikan pada 2 Desember 2022 oleh Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani dengan relasi Stasiun Ketapang – Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng.

KA-Blambangan-Ekspres-3.jpg

Sementara itu Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyebut, perpanjangan relasi kereta api tersebut akan memberikan dampak positif kepada Banyuwangi, mulai dari aspek ekonomi maupun sosial. Hal tersebut bakal menambah jumlah kunjungan ke Banyuwangi.

"Alhamdulillah, kehadiran rute baru kereta api ini menambah alternatif akses dari dan ke Banyuwangi, memudahkan mobilitas barang & orang untuk menumbuhkan ekonomi,” cetusnya.

“Selain pesawat, dari Jakarta kini bisa ke Banyuwangi dengan kereta api tanpa harus transit dan berpindah kereta," imbuh Ipuk. (*)

Pewarta : Anggara Cahya Kharisma
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.