https://jatim.times.co.id/
Berita

Pramuka yang Ahli Bermain Saxophone Ternyata Juga Suka Berlatih Tinju

Selasa, 03 September 2024 - 12:34
Pramuka yang Ahli Bermain Saxophone Ternyata Juga Suka Berlatih Tinju Pemain Saxophone, Alief Mahendra Dynasty Viola, anggota Pramuka Kota Batu kelas X, SMAN 1 Kota Batu. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BATU – Lagu ciptaan Ibu Soed yang berjudul Tanah Airku terdengar lebih elegan dan sensual di Saxophone yang ditiup oleh Alief Mahendra Dynasty Viola, anggota Pramuka Kota Batu yang kini duduk di kelas X, SMAN 1 Kota Batu ini.

Ribuan pasang mata yang memenuhi Stadion Brantas Kota Batu  semua tertuju pada permainan Saxophone Vio, panggilan akrab Viola yang mendayu. Semua tertegun mendengarkan alunan musik tiup yang mendayu ini. 

Semua bertanya siapa sosok yang memainkan Saxophone ini. Terlebih master of ceremony upacara peringatan HUT ke 63 Gerakan Pramuka yang digelar Kwarcab Kota Batu di Stadion Brantas menyebut anak sulung pasangan Rudi Setiawan alias Unyil dan Diah Kristiyani juga menekuni olahraga tinju.

Ya.. Vio tidak hanya mempelajari bermain saxophone yang menuntut kelembutan rasa, namun juga mempelajari berbagai teknik pukulan tajam dan keras di olahraga tinju.

"Dulu pernah mempelajari tinju, tapi sekarang sudah tidak lagi," ujar Vio kepada TIMES Indonesia. Hari itu, Senin (2/9/2024) Vio menyita perhatian dalam Upacara Peringatan Hari Pramuka.

Alunan musik Saxophonenya yang romantis membuat semua ingin mengenal Vio lebih dalam. Semua itu berawal dari darah seni yang mengalir dalam keluarganya.

Pemain-Saxophone-Alief-Mahendra-Dynasty-Viola-a.jpg

Ayah Vio, Rudi Setiawan alias Unyil dikenal seorang musisi yang bermain musik dari panggung yang satu ke panggung musik lainnya.

Darah seni ini mengalir ke Vio yang merupakan anak pertama dari dua bersaudara. "Awalnya bermain pianika, hobi bermain musiknya sudah terlihat sejak kelas 5 SD," ujar Unyil.

Pandemi Covid memberi berkah tersendiri bagi Vio, pasalnya saat itulah Vio mulai mencoba bermain Saxophone.

Vio merupakan pemain musik dengan perfect pitch, dimana ia memiliki kemampuan menghafal semua nada. Ini cukup memudahkan Vio mempelajari alat musik ini.

Hingga ia beberapa kali meraih prestasi seperti menjadi penyaji terbaik dalam Indonesia Tiup Festival yang diselenggarakan di Surabaya bulan Juni tahun 2024 lalu.

Lambat laun ia pun mulai banyak permintaan mengisi acara wedding maupun gathering.

"Anak saya pernah mengiringi Presiden Ke 6 Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono di sebuah acara. Ia juga mengiringi artis Reggae Indonesia DhyoHaw di Madura serta ikut Orchestra Malang untuk mengiringi Band Shaggydog Indonesia di lapangan Rampal Malang," ujar Unyil.

Terus bertambahnya kemampuan anaknya ini menurut Unyil tidak lepas dari ilmu jazz yang diajari Koko Harsoe. (*)

Pewarta : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.