https://jatim.times.co.id/
Berita

Pemilihan Duta Pancasila Kabupaten Malang 2024 Bakal Jadi Kado Manis HUT PP

Senin, 21 Oktober 2024 - 10:50
Pemilihan Duta Pancasila Kabupaten Malang 2024 Bakal Jadi Kado Manis HUT PP Ketua PP Kabupaten Malang, Priyo Sudibyo. (Foto: Dok. Pribadi for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Pemilihan Duta Pancasila Kabupaten Malang 2024 bakal menjadi kado manis bagi HUT ke-65 Pemuda Pancasila (PP). Dimana, seleksi Duta Pancasila generasi ketiga ini, sekarang sudah memasuki tahapan final yang nantinya menjadi kado terindah yang bertepatan dengan HUT PP ke-65.

Ketua PP Kabupaten Malang, Priyo Sudibyo mengatakan, pemilihan Duta Pancasila menjadi istimewa, karena masuk dalam rangkaian perayaan HUT PP ke-65 pada 28 Oktober 2024 mendatang.

PP Kabupaten Malang sendiri, selama ini sudah berhasil menelurkan tiga generasi kepengurusan Duta Pancasila sejak pertama kali dibentuk pada tahun 2020 lalu.

"Ini menjadi momen untuk memberikan inspirasi kepada generasi muda, khususnya Kabupaten Malang dan Indonesia agar menjaga nilai Pancasila dan sepakat bahwa Pancasila sebagai landasan yang tidak bisa diubah oleh paham manapun," ujar Priyo, Senin (21/10/2024).

Duta-pancasila-malang-b-1.jpg

Diketahui, pengurus Duta Pancasila Kabupaten Malang setiap generasinya terus mendapat respon positif. Generasi pertama di tahun 2020, setidaknya ada 15 pengurus Duta Pancasila. Kemudian, di tahun 2021 ada sekitar 60 pengurus Duta Pancasila.

Saat ini, dari ratusan pendaftar, menyisikan 20 finalis Duta Pancasila 2024 generasi ketiga yang bakal digelar pada 10 November 2024 mendatang.

Final dilaksanakan tepat bersamaan juga dengan Hari Pahlawan. Pemilihan ini, juga melibatkan dari berbagai unsur juri, mulai dari Polisi, TNI hingga para akademisi.

Dimana, selama gelaran seleksi sejak tahap pertama, pemilihan Duta Pancasila Kabupaten Malang ini dilakukan di markas Kodim 0818 Malang-Batu dan Mapolres Malang. Sedangkan, untuk final nantinya akan dilaksanakan di Pendapa Agung Kabupaten Malang.

"Generasi pertama, kita laksanakan tingkat Kabupaten, kemudian generasi kedua di tingkat kecamatan. Kini, generasi ketiga kembali ke tingkat Kabupaten dengan mengakomodir Duta Pancasila di tingkat kecamatan," ungkapnya.

Secara rinci, pendaftaran Duta Pancasila 2024 ini sudah digelar sejak 17 Agustus 2024 pada tahapan pendaftaran. Kemudian, seleksi dilaksanakan mulai 5 Oktober 2024.

Duta-pancasila-malang-c.jpg

Dari 160 orang, terpilih 60 orang yang masuk tahapan wawancara terkait wawasan kebangsaan. Lalu, terseleksi kembali menjadi 35 orang hingga pada tahapan seleksi terakhir, yakni wawancara mendalam, terpilih 20 finalis Duta Pancasila Kabupaten Malang 2024.

Dengan menjadikan pemilihan Duta Pancasila sebagai kado manis HUT PP ke-65, pria yang akrab disapa Bogank ini berharap, PP Kabupaten Malang bisa menginspirasi daerah lain agar menciptakan Duta Pancasila untuk membumikan Pancasila.

"Semakin solid memberikan kontribusi di Kabupaten Malang, terus menjaga keutuhan Republik Indonesia dan berperan aktif menjaga kondusifitas menjaga keamanan bersama TNI/Polri yang selama ini sudah terjalin sangat baik," bebernya.

Sementara, Ketua Duta Pancasila Kabupaten Malang, Bilqis Islach Waffrodah mengucapkan selamat ulang tahun (HUT) PP ke-65. 

"Semoga tetap bersinar dan memberikan kontribusi positifnya untuk bangsa Indonesia, khususnya kami di generasi pemuda yang butuh support dan siap support untuk membumikan terus kepancasilaan dan wawasan kebangsaan," tuturnya.

Intinya, lanjut Bilqis, pada generasi ketiga ini, Duta Pancasila akan memberikan kontribusi dan kolaborasi terbaik dengan PP Kabupaten Malang untuk terus membumikan wawasan kebangsaan dan kepancasilaan.

"Kita bumikan di semua lini, mulai anak-anak, anak muda hingga orang tua. Karena, orang tua, khususnya ibu penting memberikan pembinaan dan pengajaran untuk anak-anaknya," tandasnya. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.