https://jatim.times.co.id/
Berita

Sosok Gus Irfan, Alumni UB yang Didapuk Jadi Kepala Badan Haji dan Umroh

Senin, 21 Oktober 2024 - 11:00
Sosok Gus Irfan, Alumni UB yang Didapuk Jadi Kepala Badan Haji dan Umroh Kepala Badan Haji dan Umroh RI, Irfan Yusuf Hasyim. (Dok. TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Presiden RI Prabowo Subianto resmi mengumumkan nama-nama calon menteri, wakil menteri dan Kepala Badan pada Minggu (20/10/2024) di istana negara Jakarta. Dari sekian banyak nama yang dipilih untuk masuk Kabinet Merah Putih, ada alumni Universitas Brawijaya (UB) yang juga dipercaya untuk membantu kerja presiden selama 5 tahun ke depan. Dia adalah Irfan Yusuf Hasyim.

Pria yang akrab disapa Gus Irfan itu ditunjuk untuk menjadi Kepala Badan Haji dan Umroh. Gus Irfan bakal menahkodai urusan haji dan umroh di Indonesia ditemani dia wakil, yakni Dahnil Anzar Simanjuntak dan juga Afriansyah Noor.

Profil Gus Irfan

Gus Irfan merupakan salah satu pengasuh pondok pesantren Tebuireng Jombang. Dia juga merupakan putra dari KH Yusuf Hasyim, anak dari KH Hasyim Asy'ari pendiri NU. Saat ini Gus Irfan juga merupakan anggota DPR  Dapil Jawa Timur VIII periode 2024 - 2029.

Lahir di Jombang, pria yang kini berusia 62 tahun ini, sejak kecil telah mengemban pendidikan di tanah kelahirannya, di SMPP Jombang (kini SMAN 2 Jombang). Ia resmi lulus pada tahun 1981.

Setelah itu, Gus Irfan melanjutkan pendidikan sarjananya di Universitas Brawijaya dan lulus pada tahun 1985. Berlanjut, dia juga mengambil studi magisternya di Universitas Brawijaya . Saat ini, Gus Irfan memiliki peran penting di Lembaga Perekonomian NU (LPNU) sebagai Wakil Ketua.

Gus Irfan diketahui pernah beberapa kali menempati jabatan strategis. Di antaranya; pada tahun 1989, ia dipercaya menjadi Sekretaris Umum Pondok Pesantren Tebuireng. Pengalaman panjangnya di dunia pesantren juga membuatnya dipercaya sebagai Komisaris Utama PT BPR Tebuiret dari tahun 1996 hingga 2016. Selain itu, Gus Irfan pernah memimpin Pesantren Al-Farros sejak tahun 2006 dan juga mengajar di AKPER Widyagama Malang pada 2013-2016.

Kiprahnya di dunia politik bermula saat Ia tergabung dalam Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Pada tahun 2018, Gus Irfan sempat menjadi Juru Bicara untuk tim Prabowo-Sandiaga Uno setelah dinilai memiliki pengalaman yang relevan di LPNU. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.