https://jatim.times.co.id/
Pendidikan

Mahasiswa UIN KHAS Jember Berhasil Sabet Juara Ajang PIKMA di Thailand

Senin, 08 Juli 2024 - 19:08
Mahasiswa UIN KHAS Jember Berhasil Sabet Juara Ajang PIKMA di Thailand Mahasiswi UIN KHAS Jember bernama Siti Nur Holifah saat meraih penghargaan (FOTO: Humas UIN KHAS Jember)

TIMES JATIM, BONDOWOSO – Salah seorang mahasiswi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS Jember) berhasil menyabet juara 2, dalam event Pertandingan Aktiviti Inovasi Pendidikan dan Kemahiran Berbahasa Indonesia Melayu dan Arab (PIKMA) 2024.

Kompetisi PIKMA 2024 sendiri berlangsung di Yala Rajabhat University, Thailand.

Kegiatan tersebut merupakan perlombaan di tingkat Asia Tenggara yang diselenggarakan oleh Fakultas Pendidikan & Fakultas Humaniora dan Ilmu Sosial Universitas Yala Rajabhat, Thailand. 

Adapun pesertanya terdiri dari beberapa negara di Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand. Tahun ini merupakan penyelenggaraan yang kedua event tersebut.

Mahasiswi tersebut bernama Siti Nur Holifah. Ia merupakan mahasiswi Tadris Bahasa Inggris FTIK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. 

Ia berhasil dinobatkan sebagai Naib Johan Pertama atau Juara 2 dalam Cabang Lomba Pidato Bahasa Indonesia. 

Mahasiswi Semester 6 yang juga kebetulan mengikuti program Asistensi Mengajar di Thailand. Ia berhasil membuktikan kemampuannya dan bersaing dengan delegasi dari berbagai kampus lainnya yang diantaranya berasal dari Indonesia dan Thailand.

Dekan FTIK UIN KHAS Jember, Dr. H. Abdul Mu'is menyampaikan selamat dan rasa syukur atas pencapaian Siti Nur Holifah. 

Menurutnya, ini merupakan prestasi yang luar biasa, sekaligus membuktikan bahwa FTIK UIN KHAS Jember memiliki daya saing dengan kampus lainnya. 

“Pencapaian ini sesuai dengan salah satu dasacita Rektor, yaitu rekognisi nasional dan internasional bagi dosen, mahasiswa, dan institusi,” kata dia. 

Sementara Wakil Dekan 3, Dr. Rif'an Humaidi juga turut mengucapkan selamat atas prestasi Siti Nur Holifah.

Prestasi ini kata dia, merupakan bukti bahwa mahasiswa FTIK dapat unjuk kemampuan diri di ajang bergengsi dengan negara lain.

 Siti Nur Holifah telah berusaha mengeksplorasi potensi dan kreativitasnya di ajang kompetisi level Asia Tenggara, meskipun di tengah kesibukannya melaksanakan tugas program Asjar. 

“Karena itu, kami mengapresiasi setinggi-tingginya atas prestasi yang tersebut dan mengucapkan terima kasih,” ucap dia. (*) 

Pewarta : Moh Bahri
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.