https://jatim.times.co.id/
Pendidikan

Rektor UNISMA Paparkan Prinsip Ki Hadjar Dewantara di Global Education Summit 2024

Minggu, 06 Oktober 2024 - 14:18
Rektor UNISMA Paparkan Prinsip Ki Hadjar Dewantara di Global Education Summit 2024 Rektor Unisma Prof Junaidi saat menjadi narasumber dalam Global Education Summit 2024 di Chandigarh University, India. (Foto: Humas Unisma)

TIMES JATIM, MALANG – Rektor Universitas Islam Malang (UNISMA), Prof. Drs. H. Junaidi, M.Pd., Ph.D. kembali menorehkan prestasi di kancah internasional. Kali ini, beliau diundang menjadi session chair pada acara bergengsi Global Education Summit 2024 yang diselenggarakan di Chandigarh University, India. Acara ini dihadiri oleh pemimpin pendidikan, akademisi, dan praktisi dari seluruh dunia untuk membahas masa depan pendidikan global dan SDG’s.

Dipilihnya Prof. Junaidi sebagai session chair merupakan pengakuan atas kontribusi dan pemikiran beliau dalam bidang pendidikan, khususnya dalam memajukan perguruan tinggi berbasis Islam di Indonesia. Dengan berbagai inovasi pendidikan yang telah diterapkan di UNISMA, Prof. Jun, begitu panggipan akrabnya, dinilai mampu menjadi pemimpin diskusi dalam salah satu sesi yang membahas “Repositioning the universities for the achievements of SDG’s with local technologies and manpower.”

Sebagai session chair, Prof. Jun memandu diskusi panel dan mengarahkan pembicaraan para pakar internasional tentang bagaimana mengintegrasikan keberlanjutan ke dalam setiap aspek kehidupan akademis—pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat—sambil memanfaatkan teknologi dan sumber daya manusia setempat, khususnya di negara-negara berkembang.

Isu-isu seperti penggunaan kecerdasan buatan, pendidikan jarak jauh, serta pengintegrasian teknologi dalam kurikulum menjadi fokus utama dalam sesi yang dipimpinnya.

Prof. Jun menyampaikan bahwa kesempatan ini merupakan kehormatan besar bagi UNISMA dan Indonesia.

“Peran ini bukan hanya tentang saya sebagai individu, tetapi juga sebagai representasi dari perguruan tinggi di Indonesia yang terus berkembang dan siap bersaing di tingkat global. Saya berharap dapat berbagi pengalaman serta mendapatkan wawasan baru yang bisa diterapkan di UNISMA,” ujarnya, Minggu (6/10/2024).

Global Education Summit 2024 di Chandigarh University, India diproyeksikan menjadi salah satu pertemuan pendidikan terbesar di dunia, dengan topik-topik yang relevan untuk masa depan pendidikan global. Acara ini menjadi wadah bagi berbagai pemangku kepentingan untuk saling bertukar ide dan mencari solusi atas tantangan yang dihadapi sektor pendidikan di era digital.

Keikutsertaan UNISMA dalam forum internasional ini tidak hanya memperluas jaringan global universitas, tetapi juga menegaskan posisi UNISMA sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi terdepan di Indonesia yang berkomitmen terhadap peningkatan kualitas pendidikan global yang mana sesuai dengan taglinenya Unisma dari NU untuk Indonesia dan Peradaban Dunia, sekaligus sebagai batu pijakan untuk menjadikam kampus top NU di Indonesia ini menjadi World Class University.

Selain menjadi session chair, Prof. Jun juga mengadakan pertemuan bilateral dengan beberapa rektor dari berbagai universitas di Asia, Afrika, Amerika dan Eropa untuk membahas potensi kerja sama akademik dan penelitian.

Melalui peran dan partisipasi aktif ini, diharapkan UNISMA dapat terus mengembangkan kapasitasnya di kancah internasional, serta memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan pendidikan global yang lebih inklusif dan inovatif. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.