https://jatim.times.co.id/
Pendidikan

Terima Wakaf Tanah, Unwaha Jombang Bakal Bangun Kampus 2

Minggu, 06 Oktober 2024 - 13:50
Terima Wakaf Tanah, Unwaha Jombang Bakal Bangun Kampus 2 Peletakan batu pertama pembangunan kampus 2 Unwaha Jombang di area persawahan Desa Banjarsari, Bandarkedungmulyo, Jombang, Minggu (6/10/2024). (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JOMBANG – Sebuah momen bersejarah terjadi di Desa Banjarsari, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, ketika H. Basaroddin secara resmi menyerahkan tanah wakafnya kepada Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas, Kabupaten Jombang (Unwaha Jombang), Minggu (6/10/2024).

Tanah tersebut akan digunakan untuk membangun Kampus 2 Unwaha, yang diharapkan menjadi pusat pengembangan pendidikan tinggi di wilayah Jombang dan sekitarnya.

Acara serah terima tanah wakaf ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk H. Basaroddin selaku pewakaf, Hj. Hizbiyah Wahab sebagai Ketua Umum Yayasan Pendidikan Tinggi Bahrul Ulum (YPTBU) Tambakberas, dan Gatot Ciptadi, Rektor Unwaha Jombang dan jajaran petinggi, dosen, staf dan civitas akademika Unwaha Jombang serta masyarakat sekitar lokasi.

Suasana haru dan penuh rasa syukur mewarnai acara tersebut, mengingat pentingnya kontribusi tanah wakaf ini bagi masa depan dunia pendidikan di Jombang.

Dalam sambutannya, H. Basaroddin selaku pewakaf menyampaikan rasa syukur dan kebahagiaannya karena bisa memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan pendidikan di Kabupaten Jombang.

"Semoga tanah ini membawa berkah dan manfaat bagi dunia pendidikan serta umat Islam secara luas," ujarnya dihadapan para tamu undangan dan civitas akademika Unwaha Jombang. 

Wakaf-Tanah-2.jpgSerah terima tanah waqaf secara simbolis dari H. Basaroddin kepada YPTBU Tambakberas untuk pembangunan Kampus 2 Unwaha Jombang. (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

Lelaki yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Banjarsari itu berharap, tanah yang diwakafkan ini dapat menjadi lahan subur bagi berkembangnya ilmu pengetahuan dan melahirkan generasi yang unggul.

“Semoga bermanfaat dan berkah. Bisa digunakan sebagai pusat menimba ilmu bagi warga Jombang dan sekitarnya,” harapnya.

Hj. Hizbiyah Wahab, selaku Ketua Umum Yayasan Pendidikan Tinggi Bahrul Ulum, menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas wakaf yang diberikan untuk lembaga pendidikan Unwaha Jombang.

"Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada keluarga besar H. Basaroddin atas tanah wakaf ini. Dengan adanya Kampus 2 Unwaha nanti, kita berharap dapat memperluas akses pendidikan berkualitas, sekaligus menjaga amanah pendiri Bahrul Ulum untuk terus memajukan pendidikan tinggi di bawah naungan Islam," tuturnya.

Perempuan yang merupakan putri dari KH. Wahab Hasbullah pendiri Nahdlatul Ulama (NU) juga menekankan bahwa kampus baru ini akan menjadi pusat pendidikan yang mengutamakan nilai-nilai Islami serta memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat. 

“Insya Allah, dengan adanya Kampus 2 ini, kita bisa meningkatkan kapasitas dan kualitas pendidikan di Unwaha, serta mewujudkan visi pendidikan yang berorientasi pada akhlakul karimah dan kemajuan teknologi,” tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Gatot Ciptadi, Rektor Unwaha Jombang, juga memberikan apresiasi besar atas tanah wakaf tersebut. Dalam sambutannya, Gatot menjelaskan bahwa pembangunan Kampus 2 Unwaha akan memberikan banyak manfaat, tidak hanya bagi universitas, tetapi juga bagi masyarakat sekitar. 

"Ini adalah langkah besar bagi kami. Dengan adanya Kampus 2, Unwaha akan memiliki lebih banyak ruang untuk mengembangkan program-program akademik dan non-akademik yang unggul. Terlebih lagi, kami berharap dapat memperluas jangkauan pendidikan ke wilayah yang lebih luas," jelasnya. (*)

Gatot juga menyebutkan bahwa pembangunan Kampus 2 ini merupakan bagian dari rencana strategis Unwaha untuk menjadi perguruan tinggi terkemuka di bidang teknologi, sains, dan pendidikan Islam di Indonesia.

"Kami optimistis, dengan dukungan masyarakat dan pemerintah, Kampus 2 Unwaha akan menjadi pusat unggulan pendidikan tinggi, serta turut mendorong pertumbuhan ekonomi dan sosial masyarakat di sekitar Bandarkedungmulyo," tutupnya.

Acara serah terima ini diakhiri dengan doa bersama dan penandatanganan dokumen wakaf oleh pihak-pihak terkait dan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Kampus 2, serta menandai dimulainya babak baru bagi pengembangan Unwaha Jombang. 

Dengan berdirinya Kampus 2 nanti, Unwaha Jombang siap melanjutkan tradisi pendidikan berkualitas dan berintegritas, sejalan dengan semangat pengabdian kepada masyarakat dan bangsa. (*)

Pewarta : Rohmadi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.