https://jatim.times.co.id/
Olahraga

11 Atlet Jatim Lolos Final Muaythai PON XXI Aceh Sumut

Selasa, 10 September 2024 - 12:06
Atlet Muathay Jatim Dominasi Laga Final PON XXI Aceh Sumut Ketua Muaythai Indonesia (MI) Jawa Timur, Baso Juherman saat mendampingi atlet di Bale Meuseuraya Aceh yang menjadi venue cabang olahraga muaythai PON XXI Aceh Sumut di Kota Banda Aceh, Senin (9/9/2024). (FOTO: Dok.ANTARA/Mario Sofia Nasution)

TIMES JATIM, SURABAYA – Kontingen Jawa Timur (Jatim) berhasil mendominasi finalis nomor laga cabang olahraga muaythai dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh Sumut 2024.

Laga final digelar hari ini, Selasa (10/9/2024) di Bale Meuseuraya Aceh (BMA) Kota Banda Aceh. Total 11 atlet muathay Jatim siap bertanding.

Ketua Muaythai Indonesia (MI) Jawa Timur Baso Juherman mengungkapkan kebanggaan tersendiri.

"Kami berhasil menempatkan 11 atlet di sejumlah nomor di partai final muaythai PON 2024 ini," kata Baso Juherman di Banda Aceh dilansir dari Antara.

Ia menambahkan, total atlet Jawa Timur yang lolos ke partai semifinal ada 14 atlet dan bertanding, hasilnya 11 atlet lolos ke final.

"11 atlet itu terdiri dari enam atlet putri dan lima atlet putra," kata dia.

Sementara itu, dua atlet kalah dan satu atlet masih dalam proses banding yang diajukan ke dewan juri.

Terkait target medali emas, Baso tidak ingin muluk-muluk. Jatim hanya menargetkan tujuh medali emas saja.

"Kalau lebih dari tujuh emas itu hadiah dari latihan rutin yang digelar selama dua tahun lamanya," katanya.

Ia mengakui, Kontingen Jawa Timur bisa saja menyapu bersih seluruh partai final tersebut, akan tetapi dirinya juga melihat daerah lain memiliki atlet yang kuat.

"Atlet kami berpotensi untuk menang tapi di partai final semua dapat terjadi," ungkap Baso.

Raihan medali yang diraih di cabang muaythai PON 2024 ini sangat meningkat karena di PON Papua hanya ada satu medali perak yang didapatkan.

Menurut dia kunci capaian ini adalah latihan keras dan semua terlihat di pertandingan, mereka yang mendominasi itu yang menang.

"Beberapa atlet juara di PON Papua dulu berguguran di PON kali ini," kata dia

Atlet Jawa Timur turun di 11 nomor partai final dari 18 nomor yang dipertandingkan seperti nomor U23 kelas 43 Kg Putri, nomor U23 kelas 45 kg Putri, nomor elite kelas 48 Kg Putri, nomor elite kelas 48 Kg Putra.

Kemudian nomor elite kelas 51 Kg Putri, nomor elite 54 Kg Putra, nomor elite kelas 57 Kg Putra, nomor elite 57 Kg Putri, nomor elite kelas 60 Kg Putri dan nomor pertandingan elite kelas 60 Kg Putra. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.