https://jatim.times.co.id/
Berita

Ada Perubahan Poin Visi Misi Salah Satu Bakal Pasangan Calon Bupati, Begini Klarifikasi KPU Bondowoso

Selasa, 17 September 2024 - 13:53
Ada Perubahan Poin Visi Misi Salah Satu Bakal Pasangan Calon Bupati, Begini Klarifikasi KPU Bondowoso Poin visi dan misi kedua bakal pasangan calon bupati Bondowoso yang diunggah di media sosial KPU (FOTO: Instagram @kpubondowoso)

TIMES JATIM, BONDOWOSO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan poin visi dan misi kedua bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Bondowoso, melalui akun media sosial instagram @kpubondowoso, pada Sabtu (14/9/2024) kemarin. 

Namun beberapa jam kemudian KPU Kabupaten Bondowoso menghapus uploadan di medsosnya dan mengganti dengan unggahan baru. 

Terjadi perubahan pada poin visi misi bakal pasangan calon bupati Bambang Soeswanto-Gus Baqir (Bagus).   Ada satu tambahan poin di unggahan kedua dan narasi masing-masing poin juga ditambah. Beda denga pertama, yang isinya sangat singkat dan pendek. 

Sementara untuk poin visi dan misi pasangan Ra Hamid-Ra As'ad (Rahmad) tidak ada perubahan. Tetap seperti di unggahan pertama. 

Perubahan poin visi dan misi sempat viral di media sosial dan banyak menimbulkan pertanyaan publik. 

Pada TIMES Indonesia, Komisioner KPU Bondowoso divisi teknis penyelenggaraan, Abu Sofyan menjelaskan,  Tanggal 8 September 2024 merupakan terakhir penyerahan berkas bakal pasangan calon. 

KPU Bondowoso kemudian meminta rangkuman visi dan misi masing-masing Bapaslon yang di-upload di akun resmi KPU. 

“Setelah dikonfirmasi ke timnya ternyata sudah pas. Maka pada tanggal 14 September di-upload,” kata dia saat dikonfirmasi, Selasa (17/9/2024). 

Namun siang harinya, pihak LO parpol pengusung pasangan Bagus mengonfirmasi ke KPU untuk menyempurnakan resume visi dan misi Bapaslon (bakal pasangan calon). 

Kemudian KPU Bondowoso memfasilitasi untuk menyempurnakan poin visi dan misi bakal pasangan calon yang mereka usung. 

Dalam penyempurnaan resume visi dan misi tersebut, LO dari pasangan Bagus menambahkan satu item. Resume visi dan misi itu tentu tidak melenceng dari dokumen yang sudah di-upload di Silon. 

“Mengubah resume tidak masalah, senyampang masih tahap penelitian dan tanggapan masyarakat. Ketika mau nambah atau mau dikembangkan terserah,” terang dia. 

Namun demikian kata dia, LO dari masing-masing Bapaslon tidak bisa mengubah penjabaran visi dan misi yang sudah di-upload di Silon karena semuanya sudah terintegrasi dan telah sesuai dengan RPJPD. 

Menurutnya, tidak hanya tim dari Bagus yang  melakukan perubahan. Sebelumnya tim Rahmad juga mengkonfirmasi penambahan gelar pada pasangan yang diusung mereka. Hal itu juga sudah difasilitasi oleh KPU Bondowoso. 

Bahkan ketika penyempurnaan dokumen sebelum tanggal 8 September, KPU memfasilitasi semua dokumen Bapaslon.

Sementara penetapan dokumen bakal pasangan calon akan dilaksanakan pada 21 September 2024, kemudian pada tanggal 22 September dilaksanakan penetapan calon. 

“Siapapun baik Bagus atau Rahmad, senyampang dalam tahapan penelitian dan tanggapan masyarakat jika ada perubahan yang masih bisa diperbaiki, kami pasti fasilitasi,” tegas dia. (*)

Pewarta : Moh Bahri
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.