https://jatim.times.co.id/
Gaya Hidup

Stovit Art Exhibition, Unjuk Karya Seni ala Mahasiswa FKG Unair

Senin, 28 Oktober 2024 - 06:57
Stovit Art Exhibition, Unjuk Karya Seni ala Mahasiswa FKG Unair Ramainya pengunjung melihat-lihat Stovit Art Exhibition pada Sabtu (19/10/2024). (FOTO: Pingkan Ary/ TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SURABAYA – Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) kembali membuktikan bahwa seni bisa menjadi wadah ekspresi yang mendalam melalui Stovit Art Exhibition 2024 yang diadakan di Gedung Merah Putih, Balai Pemuda, Surabaya.

Mengusung tema "Under the Sea," pameran ini memadukan karya seni dari berbagai latar belakang dan gaya, mulai dari seniman muda hingga profesional, termasuk kolaborasi dengan GNI (Komunitas Seniman Surabaya).

Sebelumnya, Stovit Art Gigs, telah memeriahkan kampus B dan C dengan penampilan band-band lokal pada pre-event kemarin. 

Aletta-Dentistia.jpgAletta Dentistia dengan karya nya The Hidden Elegence of Keratin Horn Cyst, Surabaya, Sabtu (19/10/2024). (FOTO: Pingkan Ary/ TIMES Indonesia)

Pengunjung dapat merasakan pengalaman interaktif dengan hands-on painting, di mana mereka bisa langsung melukis dan mengekspresikan kreativitas mereka sendiri. 

Dalam pameran ini, pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan seni melalui sesi hands-on di mana mereka dapat melukis dengan menggunakan peralatan yang disediakan.

Konsep pameran mengusung tema "Under the Sea," menampilkan interpretasi visual mulai dari dasar laut hingga pesisir pantai, dengan karya seni yang bervariasi sesuai dengan gaya pelukis masing-masing.

Cinta.jpg

Salah satu karya yang mencuri perhatian adalah milik Aletta, mahasiswa FKG Unair, yang terinspirasi dari studi histopatologi, menjelma menjadi lukisan akrilik yang indah.

Menariknya, inspirasinya datang dari mata kuliah yang ia pelajari, yakni histopatologi, studi tentang jaringan kecil yang diamati di bawah mikroskop.

“Saya terinspirasi dari kista tanduk, yang dari luar mungkin terlihat kurang menarik, namun di bawah mikroskop sangat indah dan kompleks seperti karya seni,” ujarnya.

Tidak hanya menampilkan seniman muda, pameran ini juga menghadirkan karya dari seniman berpengalaman, salah satunya adalah Buggy dari komunitas GNI yang konsisten selama lebih dari 20 tahun dalam tema karyanya yang selalu menggambarkan kupu-kupu dengan detail menakjubkan. 

Pameran seni ini berlangsung dari 18 hingga 20 Oktober 2024, namun acara besar lainnya, Molarchy Festival, masih akan berlanjut hingga 16 November 2024. Acara puncak akan diisi dengan konser yang menampilkan Juicy Luicy dan JKT 48. 

Stovit Art Festival 2024 adalah bukti nyata bahwa seni dan kreativitas dapat menyatukan berbagai elemen, mulai dari pelukis pemula bahkan mahasiswa kedokteran gigi hingga pelukis profesional. (*)

Pewarta : Pingkan Ary (MG)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.