https://jatim.times.co.id/
Berita

Diduga Ada Aktivitas Distribusi Bensin Eceran, Bangunan Kosong di Malang Terbakar

Senin, 28 Oktober 2024 - 13:32
Diduga Ada Aktivitas Distribusi Bensin Eceran, Bangunan Kosong di Malang Terbakar Tim Damkar Kota Malang saat memadamkan api yang membakar ruko kosong di Jalan Raya Tlogomas. (FOTO: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Sebuah bangunan kosong yang berada di Jalan Raya Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang mendadak terbakar, Senin (28/10/2024) pagi.

Informasi yang diterima, kepulan asap yang menyebar cepat sudah terjadi sejak pukul 10.00 WIB tadi.

Salah satu saksi, Darno mengatakan, kebakaran di bangunan kosong tersebut terjadi begitu cepat. Dimana, ruko tersebut sebenarnya sudah kosong hampir satu tahun.

"Yang punya ruko orang Batu, cuma gak tahu siapa. Selama satu tahun ini sudah dibiarkan kosong rukonya," ujar Darno, Senin (28/10/2024).

Meski sudah kosong cukup lama, ada temuan bahwa ruko tersebut diduga menjadi tempat aktifitas pendistribusian bensin eceran.

Pasalnya, kata Darno, meski kosong terkadang pagar ruko tersebut ditutup namun tak dikunci. Lalu, kerap juga ada 4 orang yang biasa masuk ke ruko tersebut membawa jurigen-jurigen menggunakan sepeda motor.

"Hampir tiap hari ada 4 orang dan sepeda motor masuk ke situ. Mereka ini beli (bensin) di SPBU sambil bawa tangki besar, baru di oper ke jerigen. Nah jerigennya dibawa kemana saya gak tahu," jelasnya.

Ia menduga, saat pemindahan bensin dari tanki ke jerigen itulah kebakaran terjadi. Apalagi, mereka sedang merokok sembari beraktifitas.

"Tadi ini kemungkinan mereka sedang merokok atau karena apa (saat memindah bensin), sehingga kebakaran," ungkapnya.

Sementara, Kepala UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Malang, Agoes Soebekti menyebutkan, dalam pemadaman api pihaknya menerjunkan 4 unit mobil Damkar dan 1 mobil rescue.

"Syukurnya gak sampai 10 menit api berhasil kami padamkan dan selanjutnya kami lakukan pendinginan," katanya.

Untungnya, dalam kebakaran tersebut tak ada korban jiwa. Namun, ada sebuah sepeda motor yang berada di lokasi ikut terbakar.

"Luas bangunan yang terbakar sekitar 10x12 meter persegi. Penyebab dan kerugian masih diselidiki polisi, tapi ada juga sepeda motor terbakar di dalam, ada juga drum-drum di situ," tuturnya.

Terpisah, Kapolsek Lowokwaru, Kompol Anton Widodo menyatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan penyelidikan atas kebakaran tersebut.

Info yang diterima, mulanya ada 2 orang yang berada di dalam ruko sedang melakukan aktifitas.

"Yang satunya lari, sedangkan satunya kami amankan," imbuhnya.

Satu orang yang tertangkap tersebut, kini masih menjalani pemeriksaan oleh pihak kepolisian.

"Kami masih periksa, terkait seberapa lama ada di ruko dan melakukan aktivitas apa. Karena di lokasi ada sepeda motor yang terbakar termasuk jerigen-jerigen itu," ucapnya. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.