https://jatim.times.co.id/
Berita

Paslon Rahmad Komitmen Tingkatkan Honor Guru PAUD dan TK

Senin, 28 Oktober 2024 - 13:16
Paslon Rahmad Komitmen Tingkatkan Honor Guru PAUD dan TK Pasangan calon bupati dan wakil bupati Bondowoso nomor urut 01 Ra Hamid dan Ra As'ad dalam proses debat kandidat perdana (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BONDOWOSO – Komisi Pemilihan Umum (KPU)  menggelar debat perdana pasangan calon bupati dan pasangan calon wakil bupati Kabupaten Bondowoso. Debat berlangsung di auditorium Hotel Palm, Senin (28/10/2024). 

Debat perdana calon bupati dan wakil bupati ini mengusung tema Pendidikan dan Kesehatan, Kependudukan, Pangan dan Agraria serta Kesos. 

Masing-masing Paslon memaparkan visi dan misi yang berkaitan dengan tema tersebut. 

proses-debat-kandidat-perdana.jpg

Sebagaimana dalam paparan visi dan misinya. Ada beberapa program Paslon nomor urut 01 tentang pendidikan. Diantaranya peningkatan kesejahteraan honor guru PAUD dan TK. 

Selama ini, honor Guru PAUD di Kabupaten Bondowoso Rp 350 ribu per bulan dan dibayarkan setiap tiga bulan. 
Paslon Rahmad berkomitmen akan menaikkan honor tersebut, tentu bersarannya akan disesuaikan dengan kemampuan APBD. 

Juru bicara Paslon 01 Pilkada Bondowoso sekaligus mantan Kepala BP4D Bondowoso, Farida menjelaskan, kemampuan ADPB sangat memungkinkan untuk mengakomodasi semua program Rahmad. 

“Kita lihatkemampuan APBD untuk bagaimana bisa meng-cover semua program Rahmad,” kata dia saat dikonfirmasi TIMES Indonesia. 

Menurutnya, memang APBD Kabupaten Bondowoso terbilang kecil tetapi pembiayaan sejumlah program Rahmad sudah dipikirkan agar tidak aemerta-merta dibebankan ke APBD saja. 

Sebab kata dia, banyak sumber yang lain yang bisa dimanfaatkan. Seperti kolaborasi dengan pihak swasta, termasuk anggaran dari pemerintah pusat. 

Apalagi Program Rahmad ini sudah diselaraskan dengan program Pemerintah Pusat di bawah Kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Jadi nanti menyelaraskan satu program itu sudah enak. Jadi daerah tidak berdiri sendiri,” tegas mantan ASN Bondowoso yang baru pensiun tersebut. 

Tahun ini honor Guru PAUD sempat menunggak atau tidak terbayarkan tepat waktu. Hal itu bisa diatasi dengan memperbaiki pengelolaan APBD. 

“Jadi bagaimana pengelolaan APBD ini menjadi cepat, tepat dan tanggap,” tegas dia. (*)

Pewarta : Moh Bahri
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.