https://jatim.times.co.id/
Flash News

Satlantas Polres Jember Sabet Juara 3 dalam Lomba HUT ke-69 Satlantas

Sabtu, 28 September 2024 - 16:16
Satlantas Polres Jember Sabet Juara 3 dalam Lomba HUT ke-69 Satlantas Satlantas Polres Jember membawa pulang 3 gelar juara 3 dalam lomba HUT ke-69 Satlantas. (dok. Satlantas Polres Jember for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JEMBERSatlantas Polres Jember menyabet juara 3 lomba tingkat Polda Jawa Timur dalam rangka HUT ke-69 Satlantas.

Ada tiga kategori yang dimenangkan Satlantas Polres Jember.

Yani Kawasan Tertib Lalu (KTL) Lintas tingkat Polda Jatim, Duta Lalu Lintas, dan Maha Vation (Mahameru Road Safety Innovation) 2024 yang diwakili oleh Universitas Muhammadiyah Jember.

Lomba tersebut diikuti oleh 39 Polres se-Jawa Timur.

Kasatlantas Polres Jember AKP Achmad Fahmi Adiatma mengatakan bahwa capaian pihaknya itu tidak lepas dari kerja sama dan peran semua pihak baik masyarakat Jember, maupun Pemkab Jember, dalam hal ini Dinas Perhubungan, serta perguruan tinggi di Jember, khususnya Universitas Muhammadiyah Jember.

“Alhamdulillah, tiga kategori. Kami meraih juara 3 semua, yakni Lomba KTL, Duta Lalu Lintas, dan Maha Vation yang diwakili oleh adik-adik mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember,” katanya, Sabtu (28/9/2024).

Fahmi menambahkan, untuk lomba kategori KTL, pihaknya kalah unggul dari Polres Blitar Kota yang meraih juara 2 dan Polres Madiun Kota yang meraih juara 1.

Sedangkan untuk Maha Vation, yakni lomba antarmahasiswa yang memiliki inovasi, Jember dikalahkan Kediri yang diwakili Universitas PGRI Kediri sebagai juara 2, dan Politeknik Madiun yang berhasil meraih juara 1.

“Perwakilan dari Jember, yakni adik-adik mahasiswa Unmuh menampilkan inovasi EWS (Early Warning System) yang bisa digunakan di perlintasan rel kereta api sebidang, inovasi ini dilatarbelakangi banyaknya perlintasan sebidang di Jember,” ungkapnya.

Namun meski demikian, pihaknya mengapresiasi yang sudah dilakukan oleh mahasiswa di Jember. Dengan adanya mahasiswa yang berhasil meraih juara, menunjukkan kepedulian mahasiswa dalam tertib berlalu lintas di Jember cukup tinggi.

Sedangkan untuk KTL sendiri, faktor yang dinilai dari lomba Kawasan Tertib Lalu lintas, meliputi sarana prasarana jalan, seperti rambu-rambu, traffic light, trotoar dan juga ketertiban pengendara di jalan raya. 

Fahmi berharap, keberhasilan sebagai juara 3 di beberapa kategori tersebut, bisa lebih meningkat lagi pada tahun berikutnya, terutama inovasi yang diikuti oleh mahasiswa.

“Untuk mahasiswa berinovasi, tahun ini Jember diwakili oleh mahasiswa dari Unmuh, dan ke depan, kami akan mengajak mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya untuk adu inovasi, terutama berkaitan dengan lalu lintas," imbuhnya. (*)

Pewarta : M Abdul Basid (MG)
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.