https://jatim.times.co.id/
Berita

Vaksinasi dan Kastrasi Hewan Peliharaan di Bondowoso Peringati Hari Rabies Sedunia

Sabtu, 28 September 2024 - 19:58
Vaksinasi dan Kastrasi Hewan Peliharaan di Bondowoso Peringati Hari Rabies Sedunia Salah satu pemilik hewan peliharaan, kucing, saat memanfaatkan layanan gratis untuk dikebiri. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BONDOWOSO – Pemilik hewan peliharaan di Kabupaten Bondowoso, seperti kucing, monyet, musang, dan lain sebagainya mendatangi Aula Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) setempat, Sabtu (28/9/2024). Pemilik binatang peliharaan ini tidak lain untuk memanfaatkan kegiatan vaksinasi hingga pembuangan testis atau ovarium (Kastrasi) yang dilaksanakan secara gratis. 

Kegiatan vaksinasi dan Kastrasi tersebut dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day). 
Kabid Keswan dan Kesmavet Disnakkan Bondowoso, drh Cendy Herdiawan mengatakan, dari 140 hewan yang diperiksa 10 di antaranya dikebiri. 

"Kastrasi ini dikenal masyarakat dengan kebiri atau steril pada jantan,” kata dia. 

Dalam kegiatan tersebut, kucing menjadi hewan yang paling mendominasi mendapatkan vaksinasi rabies. Menurutnya, animo masyarakat membuat penyelenggara menambah kuota. 

"Animonya luar biasa sehingga ada tambahan 40 ekor," imbuh dia. 

Dia juga mengungkapkan, World Rabies Day diperingati di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri digelar di seluruh kabupaten/kota secara serentak.

Ketua Komunitas Kucing Bondowoso (Bondowoso Cat Lover), Nanang Supriono mengungkapkan, 30 anggotanya secara rutin melakukan pemeriksaan berkala untuk menjaga kesehatan. 

"Kalau buang kotoran terutama di pasir gumpal itu lebih bagus," terangnya. 

Untuk menjaga kesehatan, pemilik hewan peliharaan diimbau untuk menjaga kebersihan kandang dan melakukan perawatan teratur. Sebab kucing juga memiliki potensi penyakit dapat menular ke manusia yang perlu diantisipasi.

Salah satu pemilik kucing, Moh Rois mengaku senang karena kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan hewan. 

Warga asal Kecamatan Wringin ini membawa kucing peliharaannya untuk dikebiri. "Ini gratis. Biasanya kalau bayar mandiri bisa 400 ribu rupiah," terang dia. (*)

Pewarta : Moh Bahri
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.