https://jatim.times.co.id/
Berita

Isi Kuliah Umum di STKIP Taman Siswa Bima, Lalu Muhamad Iqbal Sampaikan Hal Ini

Senin, 08 Juli 2024 - 17:44
Isi Kuliah Umum di STKIP Taman Siswa Bima, Lalu Muhamad Iqbal Sampaikan Hal Ini Lalu Muhamad Iqbal saat mengisi kuliah umum perdana di kampus STKIP Taman Siswa Bima, Senin (8/7/2024).(FOTO: tim media Iqbal-Dinda)

TIMES JATIM, BIMA – Bakal calon Gubernur NTB Lalu Muhamad Iqbal hadir dalam kegiatan kuliah umum perdana di kampus STKIP Taman Siswa Bima, Senin (8/7/2024).

Iqbal mengucapkan terima kasih atas undangan dari STKIP Taman Siswa Bima, baginya hal itu merupakan suatu kehormatan. 

Dalam kesempatan itu, Iqbal menyampaikan pandangannya mengenai dunia yang kini sudah tanpa batas. Ia menekankan pentingnya pemikiran global bagi para mahasiswa STKIP Taman Siswa Bima meskipun mereka tinggal di daerah lokal.

"Harga jagung di Bima dipengaruhi oleh cuaca di Kalifornia. We are totally connected," ujarnya, menekankan bagaimana interkoneksi global mempengaruhi berbagai aspek kehidupan.

Iqbal juga mencontohkan perubahan signifikan yang dibawa oleh teknologi, termasuk dalam bidang kesehatan. 

"Data medis di Afrika yang kekurangan dokter dapat dikirim ke Australia untuk mendapatkan diagnosis yang lebih lengkap," tambahnya.

Selain itu, Iqbal mendorong para mahasiswa untuk mengadopsi pemikiran global. Menurutnya, mempertahankan identitas lokal sangat penting di era globalisasi ini

"Living locally thinking globally. Tanamkan itu dalam hati dan pikiran kalian," tegasnya. 

Iqbal berharap para mahasiswa dapat menjadi individu yang mendunia tetapi tetap mempertahankan identitas Bima. Ia mengutip buku Global Paradox, yang menjelaskan bahwa meskipun dunia semakin global, komponen lokal seperti budaya justru semakin penting.

"Identitas lokal kita adalah kekuatan kita. Jangan pernah lupakan dari mana kita berasal," ungkapnya.

Iqbal juga mengingatkan bahwa tantangan di masa depan akan semakin besar, terutama dengan munculnya teknologi yang menghilangkan beberapa jenis pekerjaan. Namun, ia menekankan pentingnya mempertahankan harapan dan kepercayaan diri. 

"Hidup ini tidak ada life time comfort zone. Jadi hidup ini akan berpindah-pindah dari krisis ke krisis lain. Daripada kamu masuk di krisis yang tidak kamu kehendaki, lebih baik kamu ciptakan krisismu sendiri," pesan Iqbal.

Dengan penekanan pada pentingnya pemikiran global dan identitas lokal, Lalu Muhamad Iqbal berharap para mahasiswa STKIP Taman Siswa Bima  dapat menghadapi tantangan masa depan dengan percaya diri dan optimisme. (*)

Pewarta : Anugrah Dany Septono
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.