https://jatim.times.co.id/
Berita

Sepakat Jadikan Pesta Demokrasi Sehat, KPU Banyuwangi Gelar Deklarasi Kampanye Damai

Selasa, 24 September 2024 - 17:46
Sepakat Jadikan Pesta Demokrasi Sehat, KPU Banyuwangi Gelar Deklarasi Kampanye Damai Foto bersama kedua Paslon Cabup-Cawabup, Komisioner KPU Banyuwangi dan Bawaslu dengan membawa kesepakatan deklarasi kampanye damai. (Foto : Anggara Cahya/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Usai melakoni tahapan-tahapan yang telah diselenggarakan KPU Banyuwangi. Kini tiba waktunya Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) masuk dalam tahapan Kampanye.

Sebanyak 5 kali suara dentuman suara gong dipukul, pertanda resminya deklarasi kampanye damai dalam pilkada serentak 2024. 

Deklarasi yang digelar pada, Selasa (24/9/2024), berlokasi di Hedon Cafe, dihadiri oleh dua pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati serta seluruh perwakilan partai politik pendukung dan pengusung. Dalam momen tersebut pasangan calon (Paslon) Cabup-Cawabup sepakat menciptakan pesta demokrasi sehat dan kondusif.

Nampak Paslon Ipuk Fiestiandani dan Mujiono dengan nomor urut 1, datang dengan mengenakan pakaian setelan baju putih dan bawahan hitam.

Sedangkan Paslon nomor urut 2, KH Ali Makki Zaini dan Ali Richi menggunakan pakaian khas Suku Osing serba hitam lengkap dengan udeng di kepala.

Komisioner KPU Banyuwangi Divisi Teknis, Anang Lukman Afandi, menyampaikan, usai dilakukan deklarasi ini kedua paslon sudah bisa melaksanakan kampanye. Namun harus tetap mematuhi segala aturan yang telah ditetapkan. Hal itu dilakukan supaya menjadikan kampanye lebih aman dan damai

"Ini merupakan kesepakatan damai antara seluruh partai politik dan juga kedua paslon untuk melakukan kampanye dalam dua bulan kedepan," ucap Anang Selasa, (24/9/2024)

Anang berharap pelaksanaan kampanye di Banyuwangi berjalan lancar dan kondusif, tanpa ada kendala yang berarti.

Tak hanya itu, Anang juga mengungkapkan, agar stakeholder serta partai politik dapat menaati peraturan yang berlaku supaya Pilkada Banyuwangi 2024 berjalan aman.

"Kami berharap kampanye berjalan sehat dan tidak ada pelanggan apa pun selama dua bulan," terangnya.

Dalam kesempatan ini, KPU Banyuwangi juga membacakan naskah deklarasi Pemilu 2024 damai yang juga diikuti oleh Paslon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi serta partai politik.

"Naskah deklarasi damai Pemilu Serentak 2024 juga sudah ditandatangani oleh kedua paslon," tutur Anang.

Dengan ini deklarasi kampanye damai pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Pilkada Serentak 2024 telah disahkan. 

Dalam sambutanya, Paslon nomor urut 2 Ipuk-Mujiono berkomitmen akan menjadikan pesta demokrasi yang sehat, serta akan mematuhi aturan yang berlaku. Pihaknya juga akan terus memberikan edukasi terkait Pilkada 2024 yang kondusif, aman dan damai.

“Kami juga berkomitmen akan menjalankan politik yang santun,” ujar Ipuk.

Sementara itu, Ali Makki dan Ali Ruchi yang mendapat nomor urut 2 juga menyampaikan, bahwasanya pihaknya selalu menjunjung tinggi kedamaian dalam berkampanye.

“Tidak ada alasan bagi kita untuk tidak damai. kita hidup ditempat yang sama, menghirup udara yang sama dan meninggal dikubur di tempat yang sama,” jelas Gus Makki, sapaan karib KH Ali Makki Zaini. (*)

Pewarta : Anggara Cahya Kharisma
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.