https://jatim.times.co.id/
Berita

Polbangtan Malang Wisuda 291 Sarjana Terapan Pertanian dan Peternakan

Senin, 26 Agustus 2024 - 08:10
Polbangtan Malang Wisuda 291 Sarjana Terapan Pertanian dan Peternakan Doreltur Polbangtan Malang memimpin prosesi wisuda 291 Sarjana Terapan Pertanian dan Peternakan, Sabtu (24/8/2024). (Foto: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) menyelenggarakan Rapat Senat Terbuka dan Wisuda bagi 291 sarjana terapan pertanian dan peternakan di Aula Sasana Giri Sabha pada Sabtu (24/8/2024).

Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman menyampaikan tentang pentingnya kualitas SDM Pertanian sebagai salah faktor kemajuan Pertanian Indonesia. “Di dalam sektor pertanian perlu diisi oleh SDM yang berkualitas. SDM inilah yang dididik untuk menjadi petani milenial melalui pendidikan vokasi,” kata Amran Sulaiman.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian (BPPSDMP Kementan) Idha Widi Arsanti, yang hadir langsung memberikan dorongan semangat kepada para wisudawan.

Doreltur-Polbangtan-Malang-b.jpg

"Wisuda ini bukan hanya sebagai akhir dari perjalanan akademik, tetapi juga sebagai awal dari tantangan baru," ucapnya.

"Saya mengucapkan selamat kepada 291 wisudawan yang berbahagia, serta kepada orang tua dan keluarga yang telah mendukung selama empat tahun," lanjutnya.

"Kami berharap kalian terus bekerja dengan inovatif, kolaboratif, dan kreatif dalam upaya mewujudkan Swasembada Pangan di Indonesia," sambungnya.

Idha menambahkan bahwa pendidikan vokasi pertanian di Polbangtan, PEPI, dan SMK-PP telah terbukti mumpuni dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul dan adaptif.

Doreltur-Polbangtan-Malang-c.jpg

Dia juga menekankan pentingnya program strategis Kementerian Pertanian, seperti Indonesian Modern Agriculture for Millennial (IMACo) Pertanian Modern Berbasis Korporasi Petani Milenial, yang bertujuan untuk mengirimkan alumni bekerja di sektor pertanian modern.

Idha juga menyoroti bahwa pendidikan vokasi memberi peluang lebih besar bagi para lulusan untuk berkiprah di sektor pertanian, baik sebagai penyuluh maupun wirausahawan muda.

"Wisuda ini adalah momen penting yang menunjukkan keberhasilan kalian dalam menyelesaikan pendidikan dan siap untuk berkontribusi pada pembangunan pertanian Indonesia," kata dia.

Idha berharap ilmu yang didapatkan, dapat diaplikasikan dengan baik dan Polbangtan Malang dapat terus melahirkan lulusan-lulusan berkualitas yang siap membangun pertanian di Indonesia.

Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udayana, menutup acara dengan pesan kepada para wisudawan.“ Jaga nama baikmu, jaga nama baik keluargamu, dan jaga nama baik almamatermu,” ungkap Setya Budhi Udayana.

Pesan tersebut  diharapkan dapat mendorong lulusan Polbangtan Malang untuk menerapkan ilmu yang diperoleh dengan tanggung jawab dan dedikasi tinggi. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.