https://jatim.times.co.id/
Berita

Ribuan Ketua RT dan RW di Kabupaten Sidoarjo Kini Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

Jumat, 13 September 2024 - 15:33
Ribuan Ketua RT dan RW di Kabupaten Sidoarjo Kini Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan Penandatanganan MoU perlindungan sosial kepada ketua RT/RW antara Pemkab Sidoarjo dengan BPJS Ketenagakerjaan. (Humas BPjamsostek for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SIDOARJO – Pemkab Sidoarjo memberikan perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan kepada seluruh ketua RT dan RW desa/kelurahan se-Kabupaten Sidoarjo.

Ada 8.848 orang ketua RT dan 2.083 orang ketua RW totalnya 10.931 orang RT/RW.

Pemkab Sidoarjo mengikutkan mereka dalam kepersertaan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) BPJS Ketenagakerjaan.

Iuran dua program tersebut ditanggung Pemkab Sidoarjo mulai bulan Oktober sampai Desember 2024.

Rabu (11/9/2024), program JKK dan JKM BPJS Ketenagakerjaan diluncurkan Plt. Bupati Sidoarjo Subandi di Aula Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas/BPVP Tulangan.

Peluncuran program ini menjadi bukti nyata sinergi pemerintah daerah dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Melalui program tersebut Pemkab Sidoarjo ingin memastikan seluruh masyarakat Sidoarjo dapat merasakan manfaat jaminan sosial yang layak.


“Untuk kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan ada sebanyak 10.931 RT/RW di desa dan kelurahan yang akan kami jaminkan untuk mendapat jaminan sosial,” ucapnya.

Subandi berharap, dengan adanya jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian tersebut akan memberikan rasa aman dan ketenangan bagi para ketua RT/RW.

Santunan akan diberikan jika terjadi kecelakaan kerja atau meninggal.

Dengan begitu akan meringankan beban ekonomi keluarga.

“Saya berharap, kerja sama ini akan terus berlanjut dan semakin berkembang di tahun-tahun mendatang,” harapnya.

Ke depan, Subandi berharap cakupan program tersebut dapat diperluas.

Dengan begitu semakin banyak masyarakat yang akan merasakan manfaatnya.

“Semoga program BPJS ini membawa dampak positif dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Sidoarjo,” ucapnya.

Di tempat terpisah Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jawa Timur Hadi Purnomo menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Sidoarjo atas kepedulian dan dukungan terhadap pelaksanaan program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan.

Pemkab Sidoarjo juga telah memberikan jaminan perlindungan sosial kepada masyarakat.

Di antaranya diberikan kepada tenaga kerja non-ASN sebanyak 4.500 orang, penyelenggara Pilkada sebanyak 27.240 orang, kader kesehatan sebanyak 12.633 orang dan perlindungan pekerja rentang melalui dana DBHCHT sebanyak 13.249 orang.

Ditambah 10.931 orang ketua RT maupun RW se-Kabupaten Sidoarjo.

“Harapan kami dengan perlindungan ketua RT/RW dapat meningkatkan coverage (cakupan) BPJS Ketenagakerjaan di wilayah Kabupaten Sidoarjo,” ucapnya.

Sementara itu, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatangan perjanjian kerja sama antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sidoarjo dengan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Sidoarjo tentang perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi ketua RT/RW di Kabupaten Sidoarjo.

Selain itu juga diserahkan santunan JKM sekaligus beasiswa pendidikan sebesar Rp123 juta oleh Plt. Bupati kepada keluarga almarhum Endi Mulyono perangkat Desa Karangpuri, Kecamatan Wonoayu. (*)

Pewarta : M Abdul Basid (MG)
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.