https://jatim.times.co.id/
Berita

Bupati Gresik Atensi Penyerapan Tenaga Kerja Lokal di KEK JIIPE Gresik

Jumat, 13 September 2024 - 16:36
Bupati Gresik Atensi Penyerapan Tenaga Kerja Lokal di KEK JIIPE Gresik Proses produksi PT Hailiang Nova Material. (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, GRESIKBupati Gresik Fandi Akhmad Yani memberikan atensi khusus terhadap penyerapan tenaga kerja lokal, khususnya di Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK JIIPE Gresik.

Hal itu diungkapkan usai melepas ekspor 36,28 ton Copper Foil berkelanjutan PT Hailiang Nova Material.

Bupati Yani mengatakan, PT Hailiang salah satu bentuk hilirisasi dari supporting PT Freeport Indonesia. Pemerintah Kabupaten Gresik juga memberikan jaminan menjaga ekosistem investasi.

"Ini didukung dengan lingkungan produksi yang aman dan kondusif maka akan membawa manfaat khususnya penyerapan tenaga kerja lokal," kata bupati, Jumat (13/9/2024).

Gus Yani yakin, pada 2025 pihaknya akan melakukan tenaga pendampingan melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), dengan melihat potensi kesempatan kerja. 

Pelatihan-pelatihan ini akan kita berikan kepada anak anak muda di Gresik sesuai kebutuhan atau skill untuk menciptakan SDM yang unggul dan berkualitas. 

"Dengan adanya KEK anak muda di Gresik harus menyiapkan mental yang kuat, punya keahlian yang unggul, keterampilan dan bahasa yang cukup membantu," ujarnya.

Pada kesempatan ini juga, Kepala Kantor Bea dan Cukai Gresik Wahjudi Adrijianto menambahkan, sejak Groundbreaking pada 20 Juni 2023 mudah mudahan meningkatkan nilai tambah serta untuk pemenuhan kebutuhan industri.

"Alhamdulillah nilai ekspor sudah mencapai 38,4 milliar. Kali ini merupakan ekspor keenam kalinya 2 kontainer dengan nilai 5,9 milliar. Ini harus memacu industri lain yang ada di kawasan JIIPE atau KEK Gresik," singkatnya.

Selanjutnya, Bupati Gresik didampingi Direktur PT Hailiang Nova Material Indonesia meninjau langsung produksi dilanjutkan pelepasan ekspor ditandai dengan prosesi pemecahan kendi. (*)

Pewarta : Akmalul Azmi
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.