https://jatim.times.co.id/
Berita

Pimpinan MPR Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

Kamis, 03 Oktober 2024 - 23:33
Pimpinan MPR Periode 2024-2029 Resmi Dilantik Pimpinan MPR RI Periode 2024-2029 yang terdiri dari 1 orang Ketua dan 8 orang Wakil Ketua perwakilan Fraksi-Fraksi dan Kelompok DPD di MPR, resmi dilantik. Kamis (3/10/2024).

TIMES JATIM, JAKARTA – Pimpinan MPR RI Periode 2024-2029 yang terdiri dari 1 orang Ketua dan 8 orang Wakil Ketua perwakilan Fraksi-Fraksi dan Kelompok DPD di MPR, hari ini, Kamis (3/10/2024) resmi dilantik dalam Sidang Paripurna Ke-III MPR, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Prosesi Pengucapan Sumpah/Janji yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung berlangsung lancar. Disaksikan para tamu undangan antara lain, para Pimpinan DPR dan DPD, para Pimpinan Partai Politik, dan seluruh rakyat Indonesia yang menyaksikan melalui berbagai media massa dan penayangan live di beberapa media sosial, serta dihadiri 545 anggota MPR yang hadir ini, para Pimpinan MPR menjalaninya dengan sangat khidmat.

Pimpinan-MPR-RI-Periode-2024-2029-v2.jpg

Rincian lengkap para Pimpinan MPR tersebut adalah, Ketua MPR Ahmad Muzani (Fraksi Gerindra), dan para Wakil Ketua, Bambang Wuryanto (Fraksi PDIP), Kahar Muzakir (Fraksi Golkar), Lestari Moerdijat (Fraksi NasDem), Rusdi Kirana (Fraksi PKB), Hidayat Nur Wahid (Fraksi PKS), M.Eddy Dwiyanto Soeparno (Fraksi PAN), Edhie Baskoro Yudhoyono (Fraksi Demokrat), dan Abcandra Muhammad Akbar Supratman (Kelompok DPD).

Ketua sementara MPR Guntur Sasono didampingi Wakil Ketua sementara MPR Larasati Moriska, yang memimpin jalannya Sidang Paripurna mengungkapkan bahwa penetapan nama-nama para Pimpinan MPR dan penetapan Ahmad Muzani sebagai Ketua MPR, sesuai Keputusan Rapat Gabungan Pimpinan sementara  MPR dengan para Pimpinan Frakasi dan Kelompok DPD, yang digelar, Rabu malam (2/10/2024).

 Penetapan ini, juga sesuai dengan Keputusan MPR RI Nomor VI Tahun 2024 Tentang Pimpinan MPR RI Masa Jabatan 2024-2029, yang petikannya dibacakan oleh Plt. Sekretaris Jenderal MPR RI Siti Fauziah.

Usai pelantikan, agenda kemudian dilanjutkan dengan Prosesi Penyerahan Kepemimpinan MPR RI Periode 2024-2029, yang ditandai dengan penyerahan Buku Memori Jabatan Pimpinan MPR RI Periode 2019-2024 dan berita acara serah terima, serta penyerahan Palu Sidang yang diserahkan langsung oleh Ketua MPR sementara Guntur Sasono kepada Ketua MPR RI Ahmad Muzani. 

Dalam sambutannya, Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengucapkan terima kasih atas semua kepercayaan yang diberikan oleh para Pimpinan Fraksi dari berbagai partai politik yang ada di tanah air. 

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada kelompok DPD yang mempercayakan kepada kami untuk menjadi Ketua MPR pada periode yang akan datang. Kami merasa, bukanlah yang terbaik di antara saudara-saudara semuanya. Karena itu, jika ada ucapan, tindakan, dan keputusan yang baik, ikutilah keputusan dan tindakan kami itu. Tetapi, jika sebaliknya, koreksi dan kritiklah kami,” katanya.

Ahmad Muzani mengajak semua elemen masyarakat bergandengan tangan bersama-sama melangkah ke depan, untuk membawa lembaga MPR ini, menjadi rumah kebangsaan dan selalu menjaga Pancasila sebagai yang terdepan bagi kehidupan bangsa.

“Amanah untuk memimpin MPR selama lima tahun yang akan datang, adalah kepercayaan yang luarbiasa. Pelaksanaan tugas konstitusional  Pimpinan MPR juga tidaklah ringan.  Untuk itu, kami memerlukan dan akan terus menjalin kerjasama di antara para Pimpinan Majelis, para Pimpinan Fraksi, dan para anggota yang terhormat serta segenap elemen masyarakat,” tandasnya. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.