https://jatim.times.co.id/
Berita

Tiga Belas UMKM Lamongan Unjuk Gigi di Jatim Fest 2024

Kamis, 03 Oktober 2024 - 21:48
Tiga Belas UMKM Lamongan Unjuk Gigi di Jatim Fest 2024 Produk UMKM Kabupaten Lamongan saat ditampilkan di ajang Jatim Fest 2024. (Foto: humas pemkab lamongan)

TIMES JATIM, LAMONGAN – Sebanyak tiga belas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari Kabupaten Lamongan tampil dengan produk-produk unggulannya di ajang Jatim Fest 2024. Pesta rakyat dan investasi tahunan ini digelar di Exhibition Hall Grand City Surabaya mulai tanggal 2 hingga 6 Oktober 2024. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lamongan, Anang Taufik mengungkapkan, Jatim Fest 2024 merupakan momentum penting bagi UMKM Lamongan untuk memperluas pasar. 

"Pada kegiatan Jatim Fest 2024 kami mengirim tiga belas UMKM unggulan Lamongan. Kegiatannya dibuka nanti malam oleh Bapak Pj. Gubernur Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono," ujar Anang, Kamis (3/10/2024). 

Produk yang dibawa UMKM Kabupaten Lamongan kali ini terdiri dari berbagai komoditas, mulai dari kerajinan hingga makanan dan minuman (mamin) khas dari Kota Soto. 

Di antaranya adalah UMKM Nyonya Patin, Tikar Ansa, Sambal Pindung, Teh Kelor Cinnamon, Ladu Sing, Jetin Eco Print, Navid Snack, Batik Godhong Eco Print, Soe Art, Tiga Putra, Kirana Food, Tenun Paradila, hingga Songkok Al-Maulana.

"Kami sebelumnya menyeleksi produk yang akan ditampilkan, terutama produk kerajinan unggulan, karena pasar Jatim Fest cenderung ke arah sana. Sedangkan untuk kategori makanan dan minuman, kami memilih produk-produk unik dan khas yang menjadi unggulan Lamongan," katanya. 

Menariknya, dari ketiga belas UMKM yang berpartisipasi, ada tiga yang telah berhasil menembus pasar ekspor ke Timur Tengah. "UMKM itu, Tikar Ansa, Soe Art dan Tenun Paradila kami harapkan bisa terus mengembangkan jangkauan pasar internasional," ucapnya. 

Tak hanya itu, ada harapan besar tertuju pada seluruh UMKM Lamongan yang berpartisipasi agar mampu naik kelas dan berkontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi masyarakat Lamongan. 

"Ajang Jatim Fest 2024 diharapkan menjadi langkah awal dalam memperluas peluang usaha dan meningkatkan daya saing produk UMKM Lamongan di pasar yang lebih luas," ujar Anang. (*)

Pewarta : Moch Nuril Huda
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.