https://jatim.times.co.id/
Berita

Polresta Banyuwangi Siap Maksimalkan Pengamanan Pilkada 2024

Rabu, 23 Oktober 2024 - 17:35
Polresta Banyuwangi Siap Maksimalkan Pengamanan Pilkada 2024 Suasana latihan Dalmas oleh Personil Polresta Banyuwangi. (FOTO: Humas Polresta Banyuwangi For TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Sebagai upaya untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif menjelang pelaksanaan Pilkada 2024. Polresta Banyuwangi intensifkan latihan pengendalian massa (Dalmas) bagi ratusan personil. 

Latihan kemampuan Dalmas tersebut  diikuti oleh seluruh Personil Polresta Banyuwangi dan Polsek Jajaran di lapangan Mapolresta Banyuwangi pada, Rabu (23/10/2024).

Rama-Samtama-Putra.jpgKapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Rama Samtama Putra,S.I.K., M.Si., M.H mengecek kesiapan peralalatan Dalmas. (FOTO: Humas Polresta Banyuwangi For TIMES Indonesia)

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Rama Samtama Putra, memimpin langsung latihan Dalmas. Sebelum dilaksanakan latihan, kegiatan diawali apel untuk pengecekan personil, peralatan dan memberikan arahan sebelum pelaksanaan kegiatan. 

“Dalmas ini untuk memastikan kesiapan Personel dalam mengantisipasi bila ada aksi massa pada Pilkada 2024," kata Kombes Pol Rama Samtama Putra Rabu, (23/10/2024).

Di kesempatan tersebut, Kasat Samapta, AKP Basori juga turut menyampaikan, tujuan utama dari pengendalian massa adalah melindungi massa pengunjuk rasa sesuai dengan Pasal 3 Perkap No. 16 Tahun 2006 tentang Pengendalian Massa.

“Untuk mempersiapkan diri dalam mewujudkan keamanan dan menjaga kondusifitas Kamtibmas pada tahapan Pilkada 2024,” ujar AKP Basori.

Latihan Dalmas terbagi menjadi tiga regu yaitu Pleton Negosiator, Pleton Dalmas Awal serta Kompi Dalmas Lanjut. Di tambahkan oleh AKP Basori, selain sebagai sarana peningkatan kemampuan, dalam latihan ini para personel juga dapat melatih fisik serta memupuk mental yang stabil.

“Ini agar dapat mengendalikan diri dalam menghadapi massa pengunjuk rasa nantinya,” tuturnya.

“Latihan Dalmas ini akan terus dilaksanakan sebagai wujud kesiapan Operasi Mantap Praja 2024 yang semakin dekat,” imbuh AKP Basori.

AKP Basori berpesan, kepada seluruh komponen masyarakat untuk mendukung dan tetap menjaga kondusifitas keamanan demi suksesnya Pilkada serentak yang aman dan damai di Banyuwangi.

“Diharapkan dengan kegiatan ini Polresta Banyuwangi mampu memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat Kota Banyuwangi dalam menatap tahapan Pilkada Serentak 2024," ucap AKP Basori. (*)

Pewarta : Anggara Cahya Kharisma
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.