https://jatim.times.co.id/
Berita

Meriahkan Jatim Digifest 2024, Kabupaten Blitar Tampilkan Inovasi Satu Data dan Pengaduan Terintegrasi Layanan Publik

Rabu, 23 Oktober 2024 - 15:22
Meriahkan Jatim Digifest 2024, Kabupaten Blitar Tampilkan Inovasi Satu Data dan Pengaduan Terintegrasi Layanan Publik Meriahkan Jatim Digifest 2024, Kabupaten Blitar Tampilkan Inovasi Satu Data dan Pengaduan Terintegrasi Layanan Publik. (FOTO: Dok. Kominfotiksan Kabupaten Blitar)

TIMES JATIM, BLITARPemkab Blitar turut serta memeriahkan ajang Jatim Digifest 2024 di Tuban. Dua inovasi layanan Kabupaten Blitar adalah Satu Data dan Dashboard Layanan Pengaduan Terintegrasi.

Jatim Digifest 2024, merupakan gelaran yang diadakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Acara ini berlangsung selama tiga hari dari Selasa hingga Kamis (22-24/10/2024), di Kabupaten Tuban pukul 10.00 sampai 21.00 WIB.

Rangkaian acara yang diadakan, antara lain konferensi, workshop, exhibition, e-sport, parade musik, startup, konten kreatif, digital art, hiburan musik, digital monetary, digital media, financial technology, dan e-government.

Stand Dinas Kominfotiksan Pemkab Blitar mendapat animo positif karena menampilankan dua inovasi terkait layanan publik. Yang pertama inovasi Satu Data, yakni berisi semua data terkait potensi yang dimiliki Kabupaten Blitar. Portal https://data.blitarkab.go.id ini bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat dan pihak swasta yang membutuhkan data detail terkait Kabupaten Blitar.  Berlandaskan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia maka dicanangkanlah Satu Data Indonesia .  

Artinya, adalah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir,  terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar  Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas  Data, dan menggunakan Kode Referensi dan Data Induk. 

Digifest-4.jpg

"Inovasi  Satu Data  ini adalah bentuk kongkret layanan data Pemkab Blitar agar semua masyarakat lebih melek teknologi. Kami selalu update dan upgrade melalui kolaborasi dan terintegrasi dengan semua instansi agar bisa menyajikan data lebih lengkap dan akurat karena ini penting sebagai dasar pengambilan keputusan," ungkap Kadiskominfotiksan Pemkab Blitar, Herman Widodo, Rabu (23/10/2024).

Inovasi kedua adalah Dasboard Layanan Pengaduan Terintegrasi. Inovasi ini memberikan kemudahan bagi warga masyarakat Kabupaten Blitar untuk mengakses semua layanan masyarakat di satu portal https://dashboardpsc.blitarkab.go.id.  Termasuk menyampaikan pengaduan layanan yang terintegrasi dengan semua instansi pemerintah dalam layanan publik. 

"Inovasi ini untuk mendukung percepatan layanan publik dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)," tandasnya. 

Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, saat memberikan sambutan yang disampaikan melalui teknologi AI, Pj. Gubernur Adhy, mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Timur Ia menyambut baik gelaran Jatim Digifest 2024 ini.

Ia sekaligus mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi menyukseskan kegiatan ini.

"Jatim Digital Festival 2024, merupakan bentuk konkret transformasi digital layanan publik baik di lingkup perangkat daerah Pemprov Jatim maupun di Dinas Kominfo kabupaten/kota, yang ditunjukkan lewat pameran inovasi dan layanan publik digital. Serta berbagai jenis workshop dan kompetisi di bidang digital," jelasnya.

Kemajuan Jawa Timur di bidang digital, menurut Adhy, tidak hanya dengan bentuk praktis seperti platform digital, namun juga dakam berbagai indikator, seperti indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang meningkat pesat dari 3,30 di tahun 2022, menjadi 3,62 di tahun 2023.

Indikator lainnya untuk mengukur kemajuan Jawa Timur, dikatakan Adhy, ialah Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) yang terus meningkat setiap tahunnya. Dari 39,42 di tahun 2022, naik menjadi 46,07 di tahun 2024, yang mana nilai ini juga di atas rata-rata nasional.

"Untuk itu, kami optimis Jatim Digifest 2024 ini mampu mendorong seluruh kabupaten/kota dan perangkat daerah di Jawa Timur meningkatkan kualitas layanan publik berbasis digital di masing-masing institusinya, sehingga peningkatan kualitas layanan publik dapat berdampak langsung di masyarakat, yang pada akhirnya mampu mewujudkan Jatim semakin maju dan mendunia," pungkasnya. (d)

Pewarta : Nana Ariani
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.