https://jatim.times.co.id/
Berita

PAW Anggota DPR RI yang Jadi Menteri Kabinet Prabowo Segera Diproses

Rabu, 23 Oktober 2024 - 15:17
PAW Anggota DPR RI yang Jadi Menteri Kabinet Prabowo Segera Diproses Pelantikan jajaran menteri Kabinet Merah Putih di Istana Negara. (Foto: Setpres RI)

TIMES JATIM, JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI, Adies Kadier, menyatakan bahwa proses Pergantian Antar Waktu (PAW) bagi anggota DPR RI periode 2024-2029 yang kini menjabat sebagai menteri, wakil menteri, atau pejabat di Kabinet Merah Putih Presiden Prabowo Subianto telah mulai dilakukan. Adies mengungkapkan, langkah ini akan dimulai dalam satu atau dua hari ke depan.

"Kami akan segera memproses PAW untuk mengisi posisi mereka yang telah diangkat menjadi menteri," ujar Adies di Kompleks Parlemen, Jakarta, pada Rabu (23/10/2024).

Sebagai Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Adies juga menegaskan bahwa PAW bagi anggota Fraksi Golkar yang kini menjabat di kabinet akan segera dilakukan. Partai Golkar tidak ingin terjadi kekosongan di komisi-komisi yang seharusnya diisi oleh anggota dari partainya.

Proses PAW ini dilakukan setelah Presiden Prabowo melantik jajaran kabinet yang terdiri dari 109 pejabat, termasuk 48 menteri dan 56 wakil menteri. Di antara mereka, sejumlah anggota DPR RI juga diangkat menjadi pejabat dalam kabinet, termasuk politisi dari berbagai partai politik.

Berikut adalah beberapa nama anggota DPR RI yang kini menduduki posisi strategis di Kabinet Merah Putih:

  1. Meutya Hafid - Menteri Komunikasi dan Digital
  2. Nusron Wahid - Menteri Agraria dan Tata Ruang
  3. Maman Abdurrahman - Menteri Usaha Mikro Kecil dan Menengah
  4. Ace Hasan Syadzily - Gubernur Lemhannas
  5. Sugiono - Menteri Luar Negeri
  6. Fadli Zon - Menteri Kebudayaan
  7. Prasetyo Hadi - Menteri Sekretaris Negara
  8. Teuku Riefky Harsya - Menteri Ekonomi Kreatif
  9. Faisol Riza - Wakil Menteri Perindustrian

Langkah PAW ini diambil agar tidak ada kekosongan kursi di DPR RI dan komisi-komisi yang membutuhkan peran strategis para anggotanya. Dengan demikian, roda pemerintahan dan pengawasan di parlemen dapat terus berjalan efektif. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.